October 8th 2016 | Category: Tanaman Hidroponik

Hidroponik sayuran merupakan salah satu teknik menanam tanaman yang bisa dipilih jika tidak memiliki lahan tanah yang cukup untuk membudidayakan tanaman. Hidroponik sendiri adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah. Hidroponik tanaman biasanya dilakukan mengunakan air yang memiliki kandungan berbagai nutrisi untuk membudidayakan tanaman. Selain menggunakan air, untuk melakukan hindroponik tanaman sayuran juga membutuhkan media lain. Media lain yang diperlukan misalnya sabut kelapa, pasir, busa, kerikil, batu apung, potongan kayu, kawat kasa nilon, batu bata, batu karang, ataupun yang lainnya.

Tanaman Hiroponik Sayuran Tanaman Hiroponik Sayuran

Baca juga artikel terkait Cara Menanam Dan Membuat Hidroponik Sayuran di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hidroponik, .

Jenis Tanaman Hidroponik Sayuran

Metode hidroponik sendiri sangat cocok digunakan untuk menanam beberapa jenis sayuran, dan berikut ini adalah beberapa jenis tanaman sayur hidroponik yang dapat tumbuh dengan subur. Yang pertama adalah selada, sayuran ini akan tumbuh dengan subur dengan metode hidroponik, selain itu juga tidak membutuhkan perhatian yang ekstra. Kemudian yang kedua adalah sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, sawi, kangkung dan yang lainnya. Selain itu timun juga bisa menggunakan metode hidroponik, tetapi memang membutukan perhatian yang lebih ekstra, terutama mengenai tempatnya.

Media Tanam Hidroponik Sayuran

Hidroponik tanaman sayuran dapat dilakukan meski tidak memiliki lahan tanah yang besar sebab teknik bercocok tanam yang satu ini menggunakan media lain untuk membudidayakan tanaman. Media yang cocok untuk tanam hidroponik yakni yang memiliki kelembaban, unsur hara, dan tidak mengandung zat berbahaya. Berikut ini beberapa media tanam hidroponik yang cocok dan bagus untuk menanam sayuran:

Hidroponik dengan Media Sekam Bakar
Hidroponik sayuran dengan media yang satu ini banyak dilakukan terutama jika ingin menanam tanaman sayuran di dalam pot. Sekam bakar memang sangat pas dijadikan media untuk menanam tanaman sayuran karena media ini bisa menyerap air dengan baik. Sekam bakar juga sangat mudah ditemukan dan bisa didapatkan dengan harga yang murah. Selain itu, sekam bakar sangat ramah lingkungan sehingga tidak akan merusak tanaman maupun lingkungan sekitar. Tanaman yang ditanam di media yang ramah lingkungan tentu bisa menjadi lebih bersih. Tidak hanya itu saja, sekam bakar memiliki tingkat keasaman tanah netral dan sangat baik untuk pertumbuhan tanaman sayuran.

Hidroponik dengan Media Gel
Gel atau hydrogel sekarang ini banyak dimanfaatkan sebagai media tanam tanaman sayuran secara hidroponik. Media tanam gel maupun hydrogel berbentuk kristal yang dibuat dari bahan polimer. Media tanam yang satu ini sangat efisien dan praktis terutama karena tanaman yang ditanam dengan menggunakan media gel atau hydrogel tidak membutukan penyiraman dan pemupukan. Media tanam sayuran menggunakan gel juga tidak perlu diganti sehingga bisa menghemat biaya penanaman sayuran. Selain itu, menanam sayuran dengan media gel atau hydrogel dapat memberikan keindahan sebab media ini mempunyai berbagai warna yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Hidroponik dengan Media Cocopeat
Cocopeat adalah media tanam lainnya yang dapat dipilih ketika ingin membudidayakan tanaman sayuran. Cocopeat merupakan media tanam berbentuk serbuk kelapa yang dibuat dari sabut kelapa. Media yang sangat ramah lingkungan ini baik untuk tanaman karena bisa menyerap larutan air dengan kandungan berbagai nutrisi. Bila media tanam dapat menyerap berbagai nutrisi yang baik bagi tanaman secara maksimal maka akar tanaman juga lebih mudah tumbuh. Akar yang mudah tumbuh pasti akan membuat tanaman berkembang dengan lebih cepat juga.

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sayuran

Menanam tanaman sayur dengan menggunakan cara hidroponik memang sangatlah menguntungkan sebab tidak membutuhkan banyak lahan, hama dan penyakit lebih mudah dikendalikan maupun dihindari, hasil tanaman lebih bagus dan bersih, serta tidak membutuhkan banyak air ataupun pupuk. Karenanya, cara yang satu ini sangat tepat bila ingin menanam tanaman sayur di lahan yang tidak besar namun tetap bisa mendapatkan hasil panen yang bagus dan berkualitas. Cara untuk membuat tanaman hidroponik sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media yang dapat dipilih sesuai keinginan. Selain menggunakan media tanam, membuat tanaman hidroponik membutuhkan tempat salah satunya yaitu botol bekas. Berikut ini cara membuat tanaman hidroponik menggunakan botol bekas:

  1. Siapkan sebuah botol bekas dan potong pada bagian tengah botol menjadi dua yakni bawah serta atas. Bagian botol bawah harus lebih panjang dari bagian atas botol.
  2. Selanjutnya tambahkan kain ke dalam botol bagian atas dan bentuk kain menyerupai sumpu kompor yang keluar ke arah tutup botol. Sumbu kompor ini nantinya digunakan untuk menyerap air sehingga panjangnya perlu disesuaikan agar bisa mencapai air.
  3. Botol bagian atas yang sudah diberi kain tinggal digabungkan dengan bagian bawah botol yang lebih panjang. Yang harus diperhatikan di sini botol bagian atas perlu dibalik sehingga bagian leher botol berada di bawah.
  4. Pilih media yang diinginkan contohnya cocopeat kemudian masukkan ke dalam botol bagian atas. Langkah berikutnya tinggal meletakkan bibit tanaman sayuran di atas kain pada bagian botol atas.
  5. Jika bibit sudah diletakkan di media maka tanaman tinggal diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Sinar matahari sangatlah penting untuk pertumbuhan tanaman namun hindari meletakkan di tempat yang dapat terkena hujan ataupun tempat yang tidak rata. Jangan lupa juga untuk menyemprot tanaman sayuran dengan menggunakan larutan dengan kandungan nutrisi.

Menanam dengan cara hidroponik memang sangat menguntungkan selain karena lebih efisien juga tidak memerlukan banyak lahan. Kualitas dari hasil panen tanaman sayur dengan ditanam secara hidroponik juga lebih bersih dan berkualitas. Maka dari itu, bila tidak memiliki banyak lahan tapi ingin menanam tanaman sayuran yang bisa memberikan hasil berkualitas bisa dengan cara hidroponik sayuran.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Cara Menanam Dan Membuat Hidroponik Sayuran


Tips Seputar Cara Menanam Dan Membuat Hidroponik Sayuran


Shares