September 11th 2016 | Category: Tanaman Hidroponik, Tanaman Sayuran

Cara menanam hidroponik cabe mungkin belum banyak diketahui, walaupun tanaman cabe sendiri sudah tidak asing bagi banyak orang. Cabe adalah salah satu jenis sayuran. Tanaman cabe dengan nama ilmiah capsicum ini adalah anggota dari nightshade. Cabe digunakan sebagai bumbu masakan untuk mendapatkan rasa pedas. Makanan tanpa cabe tersa hambar menurut penggemarnya. Sekarang, cabe sudah dijual dengan bentuk kering atau bubuk sehingga anda tidak perlu takut busuk. Tetapi banyak orang yang lebih suka menggunakan cabe segar dibandingkan bubuk. Ada warna merah, kuning, hijau, dan tergantung dari varietas cabe mentah tersebut. Cabe segar mempunyai tangkai yang sehat. Jangan memilih cabe jika ada bintik hitam. Agar cabe segar yang anda beli tetap awet adalah masukkan ke dalam plastik dan simpan di lemari es. Cabe akan tahan selama beberapa minggu. Cabe kering bisa disimpan di tempat yang sejuk dan kedap udara. Cabe mengandung vitamin A, C, E, dan B. Ada juga mineral seperti tembaga, mangan, thiamin, folat, molibdenum, dan kalium. Cabe memiliki kandungan vitamin C tujuh kali lebih banyak daripada buah jeruk.  Melihat manfaat cabe yang sangat besar, banyak orang yang tertarik untuk budidaya tanaman hidroponik cabe.

Cara Menanam Hidroponik Cabe Cara Menanam Hidroponik Cabe

Baca juga artikel terkait Cara Menanam Hidroponik Cabe Dengan Mudah di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hidroponik, Tanaman Sayuran.

Anda pasti sudah pernah melihat cara menanam cabe secara konvensional. Bila anda ingin mengetahuinya, anda dapat membaca artikel kami mengenai cara menanam cabe merah dan cara menanam cabe rawit di polybag. Dengan menanam cabe di rumah anda bisa lebih hemat. Tetapi, di perkotaan media tanam berupa tanah sangat sulit diperoleh sehingga lebih baik menggunakan media tanam hidroponik. Langkah pertama dalam cara menanam hidroponik cabe adalah mempersiapkan alat dan bahan untuk menanam. Prosesnya dimulai dari persiapan benih sampai memberikan nutrisi pada tanaman.

Persiapan Benih Tanaman Cabe Hidroponik

Anda bisa memilih benih berbagai macam cabe import atau cabe lokal. Tetapi, untuk pemula, sebaiknya menggunakan biji cabe rawit karena jenis ini tidak perlu waktu panen yang terlalu lama. Ambil cabe rawit dari dapur yang sudah benar-benar matang dengan sempurna. Keluarkan biji cabe dan jemur sampai kering. Diamkan selama beberapa hari di wadah yang kering. anda juga bisa membeli cabe di toko pertanian.

Cara Penyemaian Benih Tanaman Cabe Hidroponik

Langkah berikutnya dalam menanam cabe hidroponik adalah melakukan penyemaian. Bahan dan alat yang diperlukan untuk proses penyemaian adalah benih cabe, air hangat, kertas koran atau bisa juga menggunakan kain flanel, plastik, net pot, dan Rockwool. Langkah pertama adalah rendam benih atau biji cabe dalam air hangat sekitar 10 menit. Ambil benih cabe yang tenggelam untuk disemaikan. Kemudian, letakkan biji cabe tadi di atas koran yang lembap atau kain flanel basah. Lipat koran atau kain tersebut menjadi beberapa lipatan dan masukkan ke kantong plastik. Simpan dan biarkan selama beberapa hari. Dalam waktu 3-5 hari, biji sudah tumbuh kecambah. Ambil biji yang sudah mempunyai kecambah dan letakkan di Rockwool. Kemudian, masukkan ke dalam net pot.

Transplanting Tanaman Cabe Hidroponik

Cara membuat tanaman hidroponik cabe selanjutnya adalah transplanting. Ini merupakan proses memindahkan bibit dari media ke dalam pot. Benih cabe yang telah disemaikan di dalam Rockwool harus diberikan nutrisi. Letakkan benih di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Biasanya, benih cabe akan menjadi bibit dan keluar beberapa daun semu sebelum muncul daun sejati. Jika bibit sudah mengeluarkan daun sejati, maka anda bisa memindahkan tanaman cabe ke dalam polybag atau pot.

Media Tanaman Cabe Hidroponik

Cara menanam hidroponik cabe dilakukan dengan mempersiapkan media tanam. anda bisa memindahkan bibit cabe di polybag atau pot dengan ukuran besar atau sedang. Kemudian, isi pot dengan media sekam bakar atau sekam yang dicampur lagi dengan pasir, kerikil, zeolit, genting, atau hidroton. Gunakan salah satu saja dari bahan tersebut. Teknik penanaman yang digunakan adalah sistem wick karena sistem ini merupakan sistem yang paling mudah, terutama bagi anda yang masih pemula. Bagi anda yang sudah berpengalaman, bisa menggunakan teknik deep water culture.

Pemberian Nutrisi Tanaman Cabe

Cara merawat tanaman hidroponik cabe yang paling tepat adalah memberikan nutrisi atau pupuk dengan takaran yang tepat. Nutrisi untuk tanaman cabe hidroponik adalah campuran dari nitrogen, kalium, dan fosfor. Takaran pupuk harus selalu diperhatikan karena jika tanaman cabe anda mendapatkan nitrogen dengan jumlah yang terlalu banyak, maka tanaman anda tidak berbuah. Kebanyakan hanya daun saja. Jika kekurangan nitrogen, tanaman cabe akan menguning dan akhirnya layu. Untuk mendapatkan takaran nutrisi yang benar, anda bisa langsung membeli pupuk khusus untuk tanaman hidroponik yang banyak dijual di toko pertanian secara langsung maupun online. Perhatikan dosis penggunaan pupuk dan jangan lupa untuk membaca petunjuk dan mengikuti aturan penggunaan yang tertera pada kemasan. Itulah beberapa tahapan yang harus anda lakukan dalam cara menanam hidroponik cabe.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Cara Menanam Hidroponik Cabe Dengan Mudah


Tips Seputar Cara Menanam Hidroponik Cabe Dengan Mudah


Shares