November 21st 2016 | Category: Tanaman Hidroponik

Cara menanam hidroponik adalah cara dan langkah untuk melakukan penanaman tanaman dengan teknik hidroponik atau menggunakan air sebagai media tanam yang akan digunakan. Berkembangnya cara penanaman pada berbagai jenis tanaman ternyata juga mendatangkan perkembangan teknik untuk menanam berbagai jenis tanaman.

Seperti halnya bila anda hendak menanam berbagai jenis tanaman kecil berupa sayuran dan beberapa jenis tanaman lain di mana anda dapat membuat media tanam berupa air yang dapat digunakan sebagai landasan agar tanaman anda dapat tumbuh dengan baik. Berikut ini merupakan cara menanam hidroponik mudah dan sederhana untuk dilakukan di mana saja.

Baca juga artikel terkait Cara Menanam Hidroponik Mudah Dan Sederhana di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hidroponik, .

Gambar Tanaman Hidroponik Gambar Tanaman Hidroponik

Cara Membuat Nutrisi Hidroponik

Langkah pertama sebagai cara bertanam hidroponik ialah dengan mempersiapkan larutan nutrisi sebagai modal awal untuk pertumbuhan bibit yang akan anda tanam melalui media tanam hidroponik tersebut. Larutan nutrisi biasanya terdiri dari air dan juga pupuk yang sangat berguna untuk tanaman tersebut.

Bila anda telah membuat larutan nutrisi dengan tepat, nantinya larutan nutrisi tersebut harus dimasukkan ke dalam media tanam untuk setiap jenis tanaman hidroponik sebagai salah satu jenis pupuk hidroponik yang paling berguna untuk pertumbuhan tanaman tersebut dan menghasilkan hasil akhir yang berkualitas.

Media Tanam Hidroponik

Setelah larutan nutrisi selesai dipersiapkan, maka anda juga harus mempersiapkan media tanam. Dalam hal ini, media tanam utama adalah air yang akan menjadi sumber makanan utama dari tanaman tersebut. Sedangkan mengenai media tanam lain, anda tak akan membutuhkannya bila anda menggunakan cara bertanam dengan teknik hidroponik. Anda hanya berfokus pada penggunaan air untuk menanam berbagai jenis bibit yang berkualitas.

Cara menanam hidroponik dengan media air, tentu akan memudahkan anda dalam membuat media tanam itu tanpa harus memiliki jenis alat khusus yang berharga mahal. Teknik hidroponik banyak dipilih karena kemudahannya untuk dilakukan dimanapun baik itu di lahan yang sempit maupun juga untuk ditanam di jenis lahan yang cukup luas.

Wadah Tanaman Hidroponik

Selanjutnya, persiapkan juga jenis wadah tanaman yang layak untuk dipergunakan dalam menanam tanaman hidroponik. Untuk mempermudah anda dalam memasukkan nutrisi, anda dapat menggunakan jenis media tanam berupa botol yang memiliki bentuk memanjang dan mudah untuk dipergunakan dalam menanam sesuatu.

Selain dengan menggunakan jenis botol, pipa juga dapat dijadikan sebagai pilihan untuk memulai menanam tanaman dengan teknik hidroponik. Berbagai jenis tanaman hidroponik akan tumbuh dengan mudah jika anda dapat menemukan teknik yang tepat untuk menanam dan menemukan media tanam yang aling cocok untuk melakukan penanaman tersebut. Selain itu, anda juga sebaiknya memilih jenis bibit unggul untuk mendapatkan jenis tanaman yang paling berkualitas.

Cara Memilih Bibit Tanaman Hidroponik

Anda juga sebaiknya menentukan tanaman apa yang akan anda tanam melalui teknik hidroponik tersebut. Apabila anda telah menentukan jenis tanaman yang tepat, anda harus menentukan bibit tanaman yang tepat sehingga anda dapat memperoleh hasil dari tanaman yang akan anda tanam.
Umumnya, jenis tanaman yang paling diunggulkan dalam sistem penanaman hidroponik merupakan jenis sayuran yang berukuran kecil seperti selada. Dengan ukurannya yang tidak terlalu besar, maka kemudahan untuk penanaman akan anda peroleh dan hasil panen juga dapat dijamin dan dapat anda nikmati hasilnya dengan cepat setelah beberapa bulan anda menanamnya.

Cara Membuat Sumbu Nutrisi Hidroponik

Pembuatan sumbu nutrisi merupakan satu-satunya cara untuk memberikan makanan atau memasukkan asupan nutrisi kepada tanaman yang telah anda tanam. Sumbu nutirisi biasanya dibuat di bagian bawah media penanaman. Setelah itu, anda disarankan untuk merendam sumbu tersebut dengan air larutan nutrisi yang telah anda buat sebelumnya sehingga air akan meresap melalui sumbu tersebut dan nutrisinya akan meresap dengan baik ke seluruh tanaman.

Sumbu nutrisi juga menjadi salah satu cara bagi tanaman untuk mendapatkan air yang menjadi kebutuhan utama dari setiap tanaman. Akan menjadi semakin optimal bila anda membuat jenis sumbu dengan ukuran yang telah disesuaikan dengan ukuran tanaman dan juga media tanam pada tanaman tersebut.

Gambar Cara Menanam Hidroponik Sederhana Gambar Cara Menanam Hidroponik Sederhana

Kreasikan Cara Bertanam Hidroponik Anda

Meskipun tanaman hidroponik merupakan teknik baru yang belum terlalu banyak digunakan oleh khalayak ramai, namun anda tak perlu takut untuk berkreasi dengan teknik yang satu ini. Anda tetap dapat membuat berbagai jenis dan bentuk dari media tanam dimana anda menanam berbagai jenis sayuran pada botol ataupun juga pipa.

Bentuk kreasi untuk media tanam berupa botol dapat anda lakukan dengan membentuk tanaman menjadi bertingkat dan menjadikan anda mendapatkan hasil penanaman yang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan satu jenis botol saja. Silahkan gunakan kreativitas anda dan kreasikan seluruh hal yang anda inginkan untuk mendapatkan hasil optimal dari teknik hidroponik. Cara menanam hidroponik akan menjadikan anda memiliki tanaman dengan lahan yang efektif dan hasil yang memuaskan.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Cara Menanam Hidroponik Mudah Dan Sederhana


Tips Seputar Cara Menanam Hidroponik Mudah Dan Sederhana


Shares