January 12th 2017 | Category: Tanaman Hidroponik

Jenis tanaman hidroponik tentu menjadi salah satu hal yang paling anda cari, lebih tepatnya setelah anda mengetahui lebih dalam mengenai jenis penanaman hidroponik itu sendiri. Era perkembangan zaman yang serba cepat sekarang ini memang penanaman hidroponik memang bukan menjadi hal baru sebab banyak orang sudah sejak lama mengaplikasikannya. Dimulai dari pihak-pihak yang menggunakannya sebatas sebagai hobi hingga menjadikannya sebagai sumber pendapatan.

Sebelum mengetahui apa saja tanaman hidroponik yang cocok untuk ditanam di rumah, maka anda perlu terlebih dahulu mengenal sekilas mengenai penanaman hidrpoponik itu sendiri. Dimana kata hidroponik terdiri dari dua kata yakni hydro yang dapat diartikan sebagai air dan ponos yang memiliki artii tenaga bekerja. Kedua kata yang telah digabungkan tersebut lantas memiliki arti teknik penanaman menggunakan metode serta media tanam berupa air. Dalam air yang digunakan tersebut sebelumnya sudah diisi dengan nutrisi yang terlarut, sehingga di dalam penanaman hidroponik sama sekali tidak menggunakan media tanah.

Baca juga artikel terkait Jenis Tanaman Hidroponik Untuk Ditanam Di Rumah di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hidroponik, .

Jenis Tanaman Hidroponik Jenis Tanaman Hidroponik

Semakin maraknya pemanfaatan metode hidroponik yang disebabkan oleh media tanam atau tempat yang mudah untuk didapatkan, bahkan tidak membutuhkan tempat yang bagus. Selain itu, cara menanam hidroponik menjadikan akar tanaman lebih sehat sekaligus cepat tumbuh jika dibandingkan menggunakan media tanam tanah. Beberapa pilihan jenis tanaman, mulai dari tanaman hias hingga sayuran yang cocok ditanam di rumah menggunakan metode tanam hidroponik diantaranya dapat anda temukan di bawah ini.

Jenis Tanaman Hidroponik Suplir

Memiliki nama lain Adiantum, Suplir menjadi tanaman hias yang dinilai cukup bagus ketika ditanam menggunakan metode penanaman hidroponik. Suplir memiliki daun yang ukurannya cukup kecil sekaligus pertumbuhannya sangat bagus di media tanam yang lembab. Maka dari itu, metode penanaman hidroponik justru akan menjadikannya tumbuh dengan subur.
Penanaman suplir menggunakan metode hirdoponik bahkan tidak membutuhkan banyak sinar atau pancaran cahaya matahari. Dengan demikian anda dapat dengan mudah menempatkan suplir hidroponik pada tempat yang cenderung tertutup.

Jenis Tanaman Hidroponik Keladi Red Star

Keladi red star memiliki nama latin Cladium bicolor. Jenis tanaman hidroponik yang berupa tanaman hias ini memiliki bentuk daun yang sangat unik, menyerupai bintang dengan warna merah. Sedangkan bagian tangkainya berwarna cenderung merah muda. Meskipun keladi red star ditanam menggunakan metode hidroponik, penanamannya harus tetap ditempatkan pada area yang mendapatkan pencahayaan matahari secara memadai.

Jenis Tanaman Herbal Hidroponik

Memanfaatkan media penanaman hidroponik memudahkan anda dalam mewujudkan ruang tanaman obat keluarga atau TOGA. Menanam tumbuhan basil seperti daun mint akan sangat membantu anda untuk memiliki apotek hidup hanya memanfaatkan pekarangan rumah. Hal ini tentu saja akan memberikan anda keuntungan tersendiri dalam memanfaatkan bermacam-macam tanaman herbal untuk mencegah maupun mengobati berbagai penyakit. Bukan hanya itu, menanam sendiri tanaman herbal sebagai obat juga akan membuat anda menghemat dana atau anggaran belanja secara lebih mudah.

Jenis Tanaman Hidroponik Aglaonema

Aglaonema memiliki nama sri rejeki dengan ciri khas berupa daun lonjong dengan garis dan bintik-bintik berwarna abu-abu cenderung keperakan. Untuk dapat menanam aglaonema ini dengan metode hidroponik, anda perlu meletakkannya pada tempat yang terpapar oleh sinar matahri. Akan tetapi, aglaonema merupakan contoh tanaman hidroponik yang perawatannya tergolong cukup sulit. Hal tersebut dikarenakan ketika anda tidak berhati-hati, aglaonema akan dengan mudah layu hingga mati.

Jenis Tanaman Hidroponik Anggrek

Pada umumnya, anggrek memang ditanam pada media tanam yang berupa arang lembab atau sekam. Kendati demikian, anda ternyata masih berkesempatan untuk menanamnya dengan menggunakan metode penanaman hidroponik. Untuk dapat melakukannya, anda hanya harus memindahkan anggrek ke dalam wadah agregat berpori. Sebelumnya wadah agregat tersebut harus terlebih dahulu berisikan nutrisi.
Agregat yang digunakan untuk menanam anggrem menggunakan metode hidroponik sendiri tidak lain adalah sebagai media penaham air yang nantinya akan diserap oleh akar anggrek. Setelah diserap oleh akar, tentunya air bersama nutrisi di dalamnya kemudian akan disebar ke dalam seluruhh batang, daun hingga bunga anggrek.
Memang anda mungkin akan merasa sedikit kesulitan untuk menanam tanaman hias anggrek menggunakan metode ini. Akan tetapi, tidak berarti hal tersebut mustahil untuk dilaksanakan, bukan?

Jenis Tanaman Hidroponik Buah-buahan

Bukan hanya sayuran, buah-buahan juga cocok ditanam menggunakan metode penanaman hidroponik. Adapun beberapa buah-buahan yang dapat ditanam dengan metode hidroponik diantaranya adalah tomat dan melon. Dua buah tersebut sangat cocok ditanam menggunakan metode hidroponik diantaranya karena memiliki masa berbuah yang cukup singkat dibanding buah yang lain.

Namun, menanam buah-buahan menggunakan metode hidroponik menuntut anda harus lebih pintar dalam menyesuaikan asupan air dan cahaya yang diserap oleh tanaman. Termasuk juga memperhatikan media penanaman yang sekiranya tidak akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman buah tersebut. Dengan begitu, jenis tanaman hidroponik yang berupa buah-buahan ini terus tumbuh dengan baik.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Jenis Tanaman Hidroponik Untuk Ditanam Di Rumah


Tips Seputar Jenis Tanaman Hidroponik Untuk Ditanam Di Rumah


Shares