December 2nd 2016 | Category: Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga

Aneka bunga hias khas Indonesia. Indonesia kaya akan beragam aneka bunga hias yang tampil cantik dan menawan. Bunga hias yang dimilikinya pun dapat ditanam di mana pun dengan lebih mudah, baik itu di halaman rumah pada lahan tanah yang bebas atau bahkan dengan penanaman menggunakan media pot. Penggunaan pot seringkali dijadikan sebagai solusi yang tepat apabila lahan yang anda miliki berada dalam ukuran kecil. Namun jika anda termasuk orang yang memiliki lahan luas, maka sebaiknya tanamlah bunga-bunga hias tersebut secara langsung menuju bagian tanah. Selain lebih mudah untuk dirawat, tanaman yang langsung ditanam juga lebih mudah dalam melakukan perkembangbiakan serta tumbuh dengan lebih subur.

Aneka Bunga Hias Khas Indonesia Gambar Aneka Bunga Hias Khas Indonesia

Pengertian bunga hias tentunya tidak lepas dari tanaman hias. Karena pada dasarnya bunga adalah bagian dari tanaman itu sendiri. Bunga hias banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Selain tampilannya yang unik dan cantik, jenis bunga hias ini juga mampu memberikan tampilan yang lebih asri dan indah jika ditempatkan di halaman rumah atau pun pada beberapa bagian sudut rumah lainnya. Tidak hanya itu saja, dengan keberadaan bunga hias, kebiasaan masyarakat untuk bersantai dan melepas penat di dalam rumah pun dapat dilakukan dengan lebih nyaman. Hal ini berkaitan dengan kesegaran yang dihasilkan dari bunga hias itu tadi.

Di Indonesia, negara yang dikenal dengan tingkat kesuburan lahannya, berbagai macam serta jenis dari bunga hias itu pun cukup beragam. Seperti halnya beberapa jenis bunga hias yang akan penulis jelaskan berikut ini :

Aneka Bunga Hias Anggrek

Bunga anggrek dikenal dengan julukannya sebagai Puspa Pesona termasuk dalam salah satu bunga khas yang hadir di nusantara. Bunga ini tumbuh dengan cara liar dan juga budidaya. Tidak hanya itu saja, Indonesia dikenal memiliki 5.000 hingga 6.000 bagian dari jenis-jenis bunga hias anggrek, yang kebanyakan diantaranya pun justru masuk dalam spesies bunga terlangka yang ada di dunia. Beberapa jenis bunga anggrek yang langka itu diantaranya adalah anggrek hitam, anggrek kebutan, serta anggrek koribas. Bunga hias ini juga dikenal dengan simbol dari sifat keindahan, kemewahan serta rasa cinta.

Aneka Bunga Hias Mawar

Sama halnya dengan bunga anggrek, mawar pun seringkali dianggap sebagai simbol rasa cinta serta kasih sayang. Selain itu, bunga hias mawar pun memiliki kesan yang sangat indah dan dikenal mampu memberikan manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Hal ini berkaitan dengan aroma wangi yang dimilikinya, yang mana dapat menghilangkan rasa depresi bagi siapa saja  yang menciumnya. Tidak hanya itu saja, bunga mawar juga dikenal sebagai bahan untuk terapi dari rasa sakit kepala yang menyenangkan.

Aneka Bunga Hias Melati

Melati adalah salah satu dari sekian banyak aneka bunga hias populer yang ada di Indonesia. Bahkan bunga melati putih pun menjadi bunga nasional indonesia  bersama dengan jenis bunga Rafflesia Arnoldi serta bunga anggrek bulan. Bunga melati banyak digunakan dalam berbagai macam bentuk upacara tradisional, termasuk sebagai penghias riasan pengatin. Seperti halnya yang dilakukan oleh pengantin dari suku Jawa serta Sunda.

Aneka Bunga Hias Kembang Sepatu

Bunga hias sepatu atau lebih sering disebut sebagai kembang sepatu adalah salah satu bagian dari sekian banyak macam macam tanaman hias yang mampu tumbuh dengan ukuran besar. Karena itulah jika anda ingin menanam jenis bunga yang satu ini sangat disarankan untuk menggunakan pot, sehingga pertumbuhannya pun dapat terkontrol dengan lebih baik. Kembang sepatu juga termasuk dalam jenis tanaman yang mudah tumbuh apabila terkena cahaya matahari secara langsung. Karena itulah selain pertumbuhan yang dikendalikan melalui pot, keberadaan tempat untuk menanam bunga yang satu ini pun dapat dijadikan sebagai pengendali dari bentuk pertumbuhannya itu pula.

Aneka Bunga Hias Kamboja

Kamboja memiliki nama asli adenium. Jenis bunga hias yang satu ini memiliki kelebihan unik yang jarang dimiliki oleh jenis tanaman lainnya, Itulah sebabnya ia digunakan sebagai bunga hias. Selain itu, bunga kamboja juga memiliki beberapa macam spesies lainnya, seperti halnya adenium windmill, serta adenium waterfall. Selain bentuk dari bungan kamboja yang terbilang unik dan indah,ia juga memiliki kelebihan lainnya berupa manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Hal ini terlihat melalui kandungan getah yang dimilikinya, yang ternyata mampu menyembuhkan penyakit disentri, TBC, radang dari saluran nafas hingga hepatitis.

Aneka Bunga Hias Kemuning

Bunga hias yang satu ini merupakan tanaman hias yang dapat menghasilkan aroma yang sangat kuat, khususnya diwaktu malam hari. Bunga yang dikenal dengan nama latin dari murraya paniculata ini juga disebut sebagai tiruan dari bunga melati. Namun ia umumnya tumbuh di tempat-tempat liar, seperti halnya tepi hutan atau pun semak belukar. Jenis bunga yang satu ini dapat digunakan untuk tanaman hias atau bahkan pengganti pagar. Karena itulah harga tanaman hias yang satu ini pun cukup bervariatif. Selain ditentukan berdasarkan jenis, ia juga dapat ditentukan oleh berbagai macam hal lainnya.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari beberapa macam jenis aneka bunga hias menarik yang ada di Indonesia. Apabila anda ingin mengetahui mengenai jenis tanaman hias gantung, anda dapat membcanya di artikel macam-macam tanaman hias gantung.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Aneka Bunga Hias Khas Indonesia


Tips Seputar Aneka Bunga Hias Khas Indonesia


Shares