December 2nd 2016 | Category: Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias anggrek adalah jenis tumbuhan dengan kecepatan pertumbuhan yang tergantung dari faktor yang ada dalam anggrek tersebut tempat atau lingkungan anggrek ditanam. Faktor yang mempengaruhi perkembangan tumbuhan anggrek adalah jenis anggrek atau faktor genetik. Biasanya disebut dengan istilah anggrek hasil silang dan anggrek alam. Anggrek alam adalah anggrek dengan pertumbuhan yang relatif lambat karena tidak ada perlakuan khusus. Berbeda dengan anggrek silang seperti dendrobium yang memiliki pertumbuhan relatif cepat.

Gambar Tanaman Hias Bunga Anggrek Gambar Tanaman Hias Bunga Anggrek

Jenis-jenis Tanaman Hias Anggrek

Budidaya tanaman hias anggrek sebenarnya cukup mudah karena anggrek mempunyai beberapa jenis. Berdasarkan habitatnya, anggrek bisa dikelompokkan menjadi sebagai berikut:

Bunga Anggrek epifit
Ini adalah tumbuhan anggrek yang hidup dengan cara menempel di tanaman lain tetapi tidak merugikan tanaman tersebut. Contohnya adalah cattleya, phalaenopsis, oncidium, dendrobium, dan vanda.

Bunga Anggrek terestrial
Disebut juga dengan anggrek tanah. Ini adalah anggrek yang tumbuh di tanah dan memerlukan sinar matahari langsung. Contohnya adalah vanda, aranda, arachnis, renanthera, dan aranthera.

Bunga Anggrek litofit
Anggrek ini tumbuh di bebatuan dan tahan jika terkena sinar matahari secara langsung. Contohnya adalah dendrobium phalaenopsis.

Bunga Anggrek saprofit
Anggrek ini tumbuh di media tanam dengan kandungan humus atau juga bisa tumbuh di dedaunan kering. Anggrek ini hanya memerlukan sinar matahari dalam jumlah yang sedikit. Contohnya yakni goodyera.

Cara Memilih Tanaman Hias Anggrek

Anggrek merupakan tanaman hias yang sangat disukai karena keindahan bentuk dan warnanya. Tidak heran jika penggemar bunga ini rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan bunga anggrek dengan kualitas paling baik. Anda bisa membeli bibit tanaman anggrek atau tanaman anggrek dalam polybag.

Berikut ini merupakan kriteria yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk mendapatkan bunga anggrek yang berkualitas tinggi.

  • Kebulatan tumbuhan anggrek yang berkualitas bagus mempunyai labellum, petal, dan setal yang saling berdekatan membentuk lingkaran.
  • Kepenuhan dilihat dari berapa banyak lembar bunga yang dapat mengisi bentik lingkaran yang menghubungkan labellum, petal, dan setal.
  • Anggrek yang bagus adalah yang memiliki warna yang cerah, jelas, dan kuat. Semua warna dapat memperlihatkan keindahan.
  • Warna petal dan sepal sama dengan penilaian warna pada umumnya, tetapi untuk labellum harus lebih cerah daripada warna petal dan sepal.
  • Dimensi bunga harus mempunyai ukuran yang normal.
  • Tebal atau tidaknya tanaman hias anggrek bisa diraba menggunakan jari telunjuk dan ibu jari.
  • Bunga anggrek yang bagus jika diraba akan terasa seperti mempunyai lapisan lilin.
    Semakin banyak jumlah bunga dalam satu tangkai, berarti kualitas bunga anggrek semakin bagus.
  • Bunga anggrek dengan kualitas yang bagus mempunyai tangkai yang kuat, tegak lurus, panjang tangkai serasi dengan bunga, tumbuh lurus ke atas, dan posisi bunga di bagian yang mudah untuk dilihat.

Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek Agar Cepat Berbunga

Anggrek merupakan tanaman yang bisa disebut dengan tanaman kelas atas karena bunga yang mempesona dan sangat indah. Cara budidaya tanaman hias, terutama anggrek bisa dikatakan mudah jika kita disiplin. Anda memerlukan kasih sayang ketika merawat tanaman anggrek. Ada tips untuk anda yang menginginkan tanaman anggrek cepat berbunga sebagai berikut:

Pengaturan tanaman anggrek
Tempatkan rak tanaman anggrek di ketinggian 1 meter. Jangan ditempatkan secara berjenjang karena aliran udara bisa terganggu. Tanaman anggrek memerlukan kelembapan 60-80%. Anda bisa membuat kola di bawah rak untuk menjaga kelembapan atau memasang sprinkle.

Media tanam bunga anggrek
Media tanam yang paling tepat untuk anggrek adalah berisi 1/3 potongan batu bata dan 2/3 berisi pakis.

Pot untuk bunga anggrek
Bentuk pot merupakan bagian dari cara merawat tanaman hias, dalam hal ini adalah anggrek yang harus diperhatikan. Sebaiknya gunakan pot dari tanah liat dengan banyak lubang.

Cara Menyiram Bunga Anggrek
Kandungan air pada media tanam harus diperhatikan. Jika cuaca sedang panas, anda perlu menyiram sebanyak 2 kali. Jika cuaca sedang hujan, maka anggrek tidak perlu disiram. Waktu yang tepat untuk menyiram bunga anggrek adalah jam 7-9 dan jam 3-5 di sore hari.

Cara Memupuk Bunga Anggrek
Pupuk merupakan kunci utama agar anggrek cepat berbunga. Berikan pupuk dengan kandungan unsur hara yang tinggi. Anda bisa memberikan hormon berupa giberelin atau memberikan air kelapa sebanyak 150 ml.

Cara Menanggulangi Hama Bunga Anggrek
Sama seperti tanaman lain, bunga anggrek juga bisa terserang dengan penyakit dan hama. Supaya tidak terserang hama, bersihkan bunga anggrek dari sampah berupa dedaunan, gulma, dan kotoran. Gunakan insektisida untuk anggrek yang diserang hama berupa serangga dan fungisida untuk anggrek yang diserang jamur serta bakterisida jika anggrek diserang bakteri.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan bunga anggrek dimulai dari jenis sampai cara merawat. Kesabaran dan disiplin adalah dua modal utama yang diperlukan untuk merawat tanaman hias anggrek.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Budidaya Dan Cara Merawat Tanaman Anggrek


Tips Seputar Budidaya Dan Cara Merawat Tanaman Anggrek


Shares