November 14th 2016 | Category: Tanaman Hias, Tanaman Hias Daun

Tanaman hias gelombang cinta beberapa waktu yang lalu sempat menjadi populer di kalangan kolektor tanaman hias ataupun para broker yang mempunyai minat sangat tinggi dengan tanaman ini. Bunga gelombang cinta mempunyai estetika atau keindahan yang sungguh berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya. Yang dilihat keindahannya ternyata bukan dari bunganya, melainkan menikmati bentuk daunnya yang lebar dan meliuk indah bak gelombang cinta.

Tanaman gelombang cinta dulunya sangat diminati oleh para kolektor tanaman hias karena memang tanaman ini di jaman dahulu adalah jenis tanaman hias daun yang begitu digemari raja Jawa kuno. Tanaman ini biasanya sebagai hiasan pada taman istana ataupun di dalamnya. Gelombang cinta memiliki ciri fisik daun berwarna hijau tua dan bagian urat serta tulang daun menonjol serta besar. Ciri fisik inilah yang membuat tanaman gelombang cinta mempunyai kesan eksklusif serta mewah.

Baca juga artikel terkait Budidaya Tanaman Hias Gelombang Cinta di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hias, Tanaman Hias Daun.
Tanaman Hias Gelombang Cinta

Tanaman Hias Gelombang Cinta

Manfaat Serta Keunggulan Utama Tanaman Gelombang Cinta

Sebelum kita menginjak pembahasan mengenai cara merawat tanaman hias gelombang cinta, ada baiknya sedikit mengenal mengenai manfaat serta keunggulan dari tanaman itu sendiri. Berikut ini kami sampaikan beberapa manfaat dan keunggulan tanaman hias gelombang cinta untuk anda:

Gelombang cinta layak menjadi tanaman hias yang baik dimanfaatkan untuk kondisi indoor maupun outdoor alias di luar ruangan. Semua sudah mengetahui bahwa gelombang cinta memiliki keunikan yang terletak pada daunnya serta bunganya yang megah. Dilihat dari sudut pandang manapun tanaman gelombang cinta ini cocok serta layak sebagai penghias ruangan atau taman.

Tanaman gelombang cinta dimanfaatkan sebagai penyejuk ruangan yang mampu membersihkan segala kontaminan dan debu atau bakteri mengganggu. Seperti yang kita ketahui bahwa siklus hidup tanaman autotrof terjadi ketika melakukan fotosintesis. Peristiwa fotosintesis sendiri adalah terjadinya perubahan gas karbon dioksida menjadi gas oksigen yang baik bagi manusia. Kita akan menjadi merasa lebih sejuk serta nyaman bila berada di sekitar tanaman gelombang cinta. Tanaman ini sebaiknya cocok ditempatkan dalam ruangan kerja anda dengan tujuan dapat mengurangi stress pekerjaan.

Budidaya tanaman hias gelombang cinta bisa dijadikan modal investasi jangka panjang. Bagaimana bisa? Ya, mengingat tanaman gelombang cinta harganya cukup mahal daripada tanaman hias lain. Anda bisa melakukan investasi yang berpeluang besar meraup keuntungan cukup banyak.

Tips Merawat dan Budidaya Tanaman Hias Gelombang Cinta

Setelah melihat berbagai macam kebaikan dan manfaat apabila kita memelihara tanaman gelombang cinta, sudah selayaknya kita mempraktekkan cara budidaya tanaman hias gelombang cinta agar bisa melestarikannya. Anda harus menjaga agar keindahan yang didapat dari bagian daunnya terus terjaga. Anda bisa menanam bibit tanaman gelombang cinta langsung di media tanah ataupun memanfaatkan media pot. Teknik penanaman berbeda dengan tanaman kaktus, dimana posisi peletakan tanaman harus ditaruh di tempat teduh serta mempunyai kadar kelembaban udara tinggi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami bagikan sedikit tips merawat tanaman budidaya gelombang cinta untuk anda:

Pergunakan media penanaman yang sifatnya porous. Anthurium atau tanaman gelombang cinta tidak terlalu menyukai media tanam tanah yang bisa mengikat akar. Jika anda memaksakan diri, maka pertumbuhan akar gelombang cinta susah berkembang dan pada akhirnya tanaman berukuran kerdil. Untuk solusinya, anda bisa memanfaatkan media tanam porous terdiri dari bahan arang sekam padi serta pakis cacah yang bisa membuat tanaman gelombang cinta tumbuh menyebar serta normal.

Anda bisa melakukan penggantian pot secara berkala, seperti perlakuan terhadap bunga azalea. Tujuan penggantian pot ini supaya media tanam mampu mencukupi kebutuhan nutrisi dari tanaman serta mampu menampung pertumbuhan akar. Usahakan memilih pot dengan ukuran proporsional serta lebih besar dari sebelumnya. Hati-hati dalam memindahkan gelombang cinta supaya tidak merusak sistem perakaran tanaman.

Meletakkan tanaman gelombang cinta pada tempat yang lebih teduh contohnya di ruang keluarga, teras, dan ruang tamu. Sinar matahari langsung yang panas membara bisa membakar daun gelombang cinta dan warnanya menguning serta layu dan gugur. Apabila terpaksa menanam gelombang cinta di luar ruangan, pastikan posisinya berada tepat di bawah pohon rindang.

Tanaman hias gelombang cinta ini diusahakan mendapatkan sinar matahari terutama di pagi hari yang tidak terlalu menyengat. Sinar mentari ini dipercaya baik dan bisa menjaga pertumbuhan gelombang cinta supaya selalu hijau segar serta bentuknya sempurna. Sekitar seminggu sekali tanaman ini bisa dikeluarkan selama 15 menit hingga sejam lamanya.

Pola penyiraman harus diperhatikan, karena media tanam tidak boleh tergenang air dan harus tetap lembab. Penyiraman bisa dilakukan setiap hari satu kali saja, terkecuali cuaca panas penyiraman bisa dilakukan dua kali sehari pagi serta sore.

Demikian segelintir informasi yang bisa dibagikan untuk anda para pembaca setia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan mengenai tanaman hias gelombang cinta.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Budidaya Tanaman Hias Gelombang Cinta


Tips Seputar Budidaya Tanaman Hias Gelombang Cinta


Shares