November 14th 2016 | Category: Tanaman Hias, Tanaman Hias Daun

Tanaman hias aglaonema sering disebut juga dengan tanaman Sri Rejeki atau ratunya tanaman. Itu karena nilai ekonomi untuk tanaman ini semakin baik, jika anda pandai dalam merawat dan mengembangbiakkan tanaman tersebut. Tanaman aglaonema ini sendiri dapat tumbuh di iklim tropis, dengan sistem penyinaran yang rendah dan suhu yang lembab, tanaman ini dapt tumbuh dengan sangat baik.

Cara budidaya tanaman hias ini tidak terlalu sulit, jika anda mengetahui caranya. Berikut ini akan dijelaskan tentang cara menanam aglaonema ini.

Gambar Tanaman Hias Aglaonema Gambar Tanaman Hias Aglaonema

Cara Menanam Tanaman Hias Aglaonema

Untuk mendapatkan bibit tanaman aglaonema ini dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan metoda vegetatif dan metoda generatif.

Cara Menanam Tanaman Hias Aglaonema Secara Generatif
Sistem generatif atau kata lainnya teknik kawin adalah menggunakan biji sebagai awal tanam. Untuk mendapatkan biji dari tanaman aglaonema ini anda dapat mencarinya ti toko tanaman hias, atau mendapatkannya dari tanaman indukan. Caranya dengan cara merendam biji selama 2 hingga 3 jam, kemudian tanam biji tersebut.

Cara Menanam Tanaman Hias Aglaonema Secara Vegetatif
Budidaya tanaman hias aglaonema berikutnya adalah menggunakan metoda vegetatif atau istilah lainnya tidak kawin adalah dengan cara di stek, pemisahan anakan dan juga cengan cara mencangkok.

Untuk teknik stek, anda dapat memotong sekitar 6 hingga 7 ruas daun dari bagian pucuk, kemudian potong menyerong. Sebaiknya pilih indukan yang kokoh. Kemudian tanam di tempat yang teduh.

Untuk teknik mencangkok, adalah potoh batang yang kokoh dan berwarna kecoklatan, kemudian kupas, hingga terlihat bagian yang bewarna putih, kemudian tutup dengan humus yang telah dipersiapkan sebelumnya. Tanaman ini akan siap dalam 3 minggu.
Untuk teknik pemisahan anakan dilakukan dengan cara memisahkan anak dari akar tanaman aglaonema yang sudah ada. Pilih anakan yang sudah cukup kuat untuk dipisahkan.

Aneka Media Tanam Tanaman Hias Aglaonema

Untuk media tanam dari tanaman hias aglaonema ini tidak terlalu ribet. Anda beberapa media tanaman yang dapat anda pilih, seperti:

Media Tanam Pakis : media ini dapat anda gunakan untuk media tanam aglaonema, karena dapat menyerap air, sehingga akar tanaman dapat berkembang biak dengan baik. Selain itu media yang satu ini tidak mudah lapuk.

Media Tanam Sekam bakar : daya tahan media ini hanya sekitar 1 tahun, dan tidak mudah menyerap air. Untuk mendapatkan hasil yang baik, anda sebaiknya mengkombinasikannya dengan media yang mudah menyerap air.

Media Tanam Pasir malang : Media ini cukup baik untuk anda gunakan. Karena mudah menyerap air, dan tidak membuat air menggenang. Hal ini baik untuk menjaga kelembaban akar tanaman.

Media Tanam Cocopeat : terbuat dari sabut kelapa, media yang satu ini dapt anda gunakan untuk media tanam aglaonema. Dapat menyerap air, tidak mudah kering, dan tidak mudah lapuk.

Media Tanam Kaliandra : dengan efek lembab, kaliandra ini banyak digunakan oleh mereka yang tinggal di daerah kering.

Agar hasil budidaya tanaman hias yang satu ini baik, sebaiknya anda mengganti media tanamnya setiap 6 bulan atau 12 bulan sekali. Terutama jika pot yang digunakan sudah tidak muat untuk tanaman tersebut. Dengan mengganti media tanam, tanaman akan terasa segar, dan perkembang biakannya menjadi lebih baik.

Cara Memberikan Pupuk Tanaman Hias Aglaonema

Untuk mendapakan hasil yang baik, ada baiknya jika anda menggunakan pupuk organik cair, dengan takaran yang pas. Ini akan memberikan kandungan gizi yang cukup untuk tanaman tersebut. Tetapi jika anda kesulitan untuk mendpatkan pupuk organik cair, anda dapat menggunakan beberapa merk pupuk untuk tanaman hias. Berikan takaran yang pas. Agar tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Cara Memelihara Tanaman Hias Aglaonema

Berikutnya adalah cara merawat tanaman hias aglaonema. Agar dapat menghasilkan tanaman aglaonema yang berkualitas, ada baiknya jika anda memperhatikan beberapa hal berikut ini, seperti :

Tempat menanam untuk Tanaman Hias Aglaonema
Agar tanaman ini dapat tumbuh dengan subur, maka anda sebaiknya menaman tanaman tersebut di tempat yang teduh, atau tidak terkena matahari secara langsung.

Cara penyiraman Tanaman Hias Aglaonema
Karena tanaman ini menyukai kelembaban yang tinggi, sebaiknya perhatikan dengan baik, kondisi media tanam yang digunakan. Biasanya tanaman ini harus disiram sebanyak 2 kali dalam sehari, tetapi jika cuaca terik, dan kelembaban media tanam berkurang, anda harus menambah frekuensi penyiraman tanaman tersebut.

Mengenal hama dan penyakit Tanaman Hias Aglaonema
Untuk menjaga agar tanaman aglaonema ini tetap sehat, anda perlu memperhatikan beberapa hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman tersebut. Adapun berbagai macam hama yang paling sering menyerang tanaman ini adalah ulat, kutu putih, belalang, kutu sisik, kutu perisai, dan root mealy bugs.  Untuk penyakit, tanaman ini mudah sekali terserang bakteri. Efek ketika tanaman ini terserang bakteri adalah tanaman menjadi layu fusarium, busuk akar, layu bakteri, daun berwarna kuning, adanya bercak pada daun, hingga warna daun berubah.

Untuk menghasilkan tanaman hias aglaonema yang baik, ada baiknya jika anda menacri bibit yang baik, serta memperhatikan cara merawat tanaman hias ini dengan baik.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Cara Budidaya Tanaman Hias Aglaonema


Tips Seputar Cara Budidaya Tanaman Hias Aglaonema


Shares