November 14th 2016 | Category: Tanaman Hias

Bagaimana sih cara merawat tanaman hias dengan tepat dan mudah untuk dilakukan? Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan dalam merawat tanaman hias. Namun perawatan yang dilakukan untuk jenis tanaman hias itu sendiri memang harus dilakukan dengan lebih teliti dan juga hati-hati. Mengapa demikian? Karena jika perawatan dilakukan secara salah, maka bukan tidak mungkin tanaman yang semula ingin anda jaga dengan lebih baik pun justru berubah menjadi layu atau bahkan mati. Itulah sebabnya banyak diantaranya orang yang mengalihkan pekerjaan merawat bunga khususnya tanaman hias pada ahlinya, seperti halnya tukang kebun atau pun perawat tanaman lainnya.

Cara Merawat Tanaman Hias Gambar Cara Merawat Tanaman Hias

Akan tetapi, jika anda memiliki waktu luang dan ingin melakukan perawatan tanaman hias dengan diri anda sendiri, maka cobalah untuk mengikuti beberapa cara mudah dalam merawat tanaman hias yang akan penulis jelaskan berikut ini :

Cara Merawat dan Menyiram Tanaman Hias

Sama halnya dengan jenis tanaman lain. Untuk tanaman hias ini pun umumnya dapat disiram dalam kurun waktu 2 x 1 hari. Sistem penyiraman pada tanaman ini dapat dilakukan jika cuaca atau pun musim tengah berada dalam kondisi panas. Selain itu, hal ini juga bergantung pada media tanam yang dimilikinya oleh tanaman hias tersebut. Jika media tanam itu mudah kering, maka sistem penyiraman pun dilakukan dengan cara 2 x 1 hari. Namun jika media tanaman ini masih berada dala keadaan basah, maka cukup 1 x menyiram saja dalam waktu 1 atau pun 2 hari.

Cara Merawat dan Memupuk Tanaman Hias

Pemupukan tanaman yang dilakukan dengan rutin tentunya akan menjaga tanaman hias dari serangan hama yang mengganggu. Tidak hanya itu saja, penggunaan pupuk pun dapat membantu proses tanaman hias yang cepat tumbuh jika dibandingkan dengan jenis tanaman lain yang tidak menggunakan pupuk sama sekali. Salah satu jenis pupuk yang baik untuk digunakan adalah NPK. Jenis pupuk yang satu ini dapat digunakan dengan dosis 2 gram untuk 1 liter bagian airnya atau setara dengan ½ sendok teh pupuk NPK untuk 1 liter air. Pupuk tersebut dilarutkan pada bagian air yang hendak disiramkan pada bagian tanaman hias. Namun pastikanlah agar air tersebut tidak mengenai bagian daun. Pemupukan tanaman ini umumnya dilakukan dalam jangka waktu 2 minggu sekali, dan satu liter air tersebut dapat digunakan untuk memupuk 4 hingga 5 tanaman yang bergantung pada ukuran besar atau pun kecilnya tanaman tersebut.

Selain penggunaan NPK ada pula pupuk dekstar yang juga dapat digunakan untuk memupuk bunga hias yang mudah dirawat dengan lebih baik, Jenis pupuk yang satu ini dapat digunakan dengan ukuran dosis 1 ½ sendok teh pada satu tanaman saja. Sistem pemupukan yang dilakukan dengan menggunakan dekstar umumnya dilakukan dalam jangka waktu 3 bulan sekali, dan ia pun diaplikasikan dengan cara melingkari bagian pinggir dari tanaman hias tersebut.

Cara Merawat dan Menyimpan Tanaman Hias

Penyimpanan adalah salah satu bagian lainnya yang patut untuk anda perhatikan jika ingin memiliki tanaman hias dengan hasil tampilan serta pertumbuhan yang baik. Hal ini umumnya berkaitan dengan kondisi tanaman hias mudah perawatan itu sendiri. Jika tanaman hias tersebut termasuk dalam jenis tanaman yang mudah tumbuh di tempat gelap, maka akan lebih baik untuk menempatkannya di dalam ruangan. Namun jika tanaman itu hanya dapat tumbuh dengan cahaya matahari, maka pastikanlah untuk menyimpannya di tempat yang terbuka sehingga ia bisa mendapatkan cahaya matahari dengan cukup.

Cara Merawat dan Mengganti Pot Serta Media Tanam Tanaman hias

Pot serta media yang digunakan untuk menanam tanaman hias pun  menjadi bagian lainnya yang patut untuk diperhatikan dalam cara merawat tanaman hias yang baik dan benar. Pot harus sering diganti seiring dengan pertumbuhan dari tanaman hias itu sendiri, seperti halnya ketika tanaman tersebut mengalami pertumbuhan menjadi lebih besar dan lain sebagainya, sedangkan media umumnya diganti untuk menghindari hadirnya jamur yang dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman hias itu tadi.

Cara Merawat dan Budidaya Tanaman Hias

Setelah melakukan beberapa cara untuk merawat tanaman hias di bagian atas tadi, maka hal selanjutnya yang patut untuk anda lakukan pun adalah memperbanyak tanaman itu sendiri. Kegiatan yang satu ini dapat dilakukan dengan cara menebarkan biji dari tanaman tersebut atau bahkan dapat pula dilakukan dengan cara split dari anakan yang dimiliki oleh tumbuhan itu tadi. Cara split umumnya lebih banyak digunakan karena termasuk dalam proses perkembangan bunga yang mudah ditanam jika dibandingkan dengan proses perbanyakan menggunakan biji. Namun dalam melakukan hal yang satu ini, pastikanlah untuk menyiapkan media dari tanamannya itu sendiri terlebih dahulu. sehingga langkah untuk memperbanyak tanaman pun lebih mudah untuk anda lakukan.

Itulah kiranya beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam tata cara merawat tanaman hias dengan tepat dan mudah. Bila anda ingin mengetahui aneka macam tanaman hias, anda dapat membaca artikel mengenai aneka bunga hias khas Indonesia dan macam-macam tanaman hias gantung.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Cara Merawat Tanaman Hias Dengan Baik Dan Benar


Tips Seputar Cara Merawat Tanaman Hias Dengan Baik Dan Benar


Shares