November 14th 2016 | Category: Tanaman Hias

Jenis-jenis tanaman hias cukup banyak, dan beraneka ragam bisa kita pilih untuk mempercantik lingkungan rumah. Tanaman tersebut bisa dimasukkan ke dalam rumah sebagai tanaman hias indoor maupun ditanam di halaman atau taman rumah yang digolongkan sebagai tanaman hias outdoor. Tanaman hias ini digolongkan menjadi tanaman hias bunga serta tanaman hias daun, semuanya disesuaikan dengan kecocokan maupun selera serta desain penataan rumah Anda.

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat masih bingung menentukan jenis tanaman hias mana yang cocok ditanam di halaman rumah atau diletakkan pot dalam rumah. Hal ini bisa terjadi karena terbatasnya pemahaman serta pengetahuan dari jenis tanaman hias. Tanaman hias sebenarnya dibagi menjadi tanaman hias bunga dan tanaman hias daun. Untuk memudahkan Anda, berikut ini kami akan menyampaikan beberapa definisi serta penggolongan jenis-jenis tanaman hias yang patut disimak.

Baca juga artikel terkait Jenis-Jenis Tanaman Hias Dan Klasifikasinya di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hias, .

Jenis-Jenis Tanaman Hias Indoor atau Dalam Ruangan

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa tanaman hias indoor sudah tentu ditanam dalam pot dan diletakkan di dalam rumah. Apakah saja jenis-jenis tanaman hias tersebut? Berikut ini ulasan lengkap tanaman hias dalam ruangan :

Tanaman lidah buaya sudah sejak lama dikenal akan khasiatnya, dan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias di dalam rumah atau outdoor. Selain khasiat akan kesehatan penyubur rambut, kosmetik maupun menyembuhkan luka, tanaman ini juga bisa menyerap polutan yang ada di dalam rumah. Beberapa racun yang bisa diserap oleh aloe vera ini adalah formaldehida atau formalin, racun benzena, serta bahan kimia lainnya. Udara di dalam rumah menjadi lebih sehat dan sejuk saat dihirup.

Tanaman hias anthurium atau daun kuping gajah dulunya dikenal sangat populer sebagai tanaman hias dan dapat terjual hingga jutaan rupiah setiap potnya. Bentuk daunnya lebar dan hampir seperti bentuk telinga gajah. Warna daunnya hijau tua dengan tampilan urat hijau muda keputihan. Perawatannya cukup mudah dan hanya memerlukan sedikit sinar matahari saja.

Tanaman Calathea mempunyai warna daun belang yang bisa mempercantik rumah Anda. Jenis tanaman Calathea yang paling banyak disukai adalah Calathea makoyama, karena bentuknya menyerupai bulu burung merak yang cantik.

Tanaman Hias Lili Paris

Tanaman Hias Lili Paris

Tanaman hias lili paris bentuknya cukup cantik dan dapat dimanfaatkan menjadi tanaman hias indoor atau diletakkan di dalam rumah. Bentuk bunganya menarik, berwarna putih dan semakin indah jika dirawat. Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan, dan biasanya dipergunakan sebagai tanaman hias yang peletakannya digantung.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Outdoor atau Cocok Ditanam di Halaman Rumah

Setelah menyimak beberapa contoh tanaman hias yang diletakkan di dalam rumah, berikutnya kita akan memberikan referensi mengenai tanaman hias bunga outdoor yang biasanya diletakkan di halaman rumah atau taman:

Tanaman palm kuning banyak disenangi dan digemari oleh pecinta tanaman hias, guna diletakkan di luar rumah, bisa di tempat teduh maupun di bawah sinar matahari langsung.

Tanaman Hias Outdoor Tanaman Suplir

Tanaman Hias Outdoor Tanaman Suplir

Tanaman suplir lazimnya memiliki habitat asli di sekitar pepohonan maupun di pinggiran sungai. Tanaman suplir memerlukan sedikit cahaya matahari supaya bisa tumbuh secara baik dan benar. Maka dari itu tanaman suplir cocok diletakkan di luar rumah. Tanaman suplir yang termasuk tumbuhan paku ini tidak terlalu membutuhkan air dalam jumlah banyak, asalkan di lingkungan yang lembab serta tidak basah dan tidak terlalu kering juga.

Tanaman aglaonema atau disebut dengan tanaman sri rejeki bentuk daunnya berwarna hijau dan lonjong, kemudian dihiasi ban maupun bintik atau garis warnanya abu keperakan. Tanaman ini bisa hidup subur tanpa perawatan intensif. Tanaman sri rejeki ini memerlukan cahaya yang tidak langsung serta lingkungan yang sedikit lembab. Anda bisa memilih beberapa jenis tanaman aglonema dengan corak serta warna menawan untuk menghiasi halaman rumah Anda yang teduh. Saat musim kemarau perlu sedikit perhatian lebih, karena tanaman sri rejeki lebih mudah layu saat keadaan cuaca di luar terlalu kering dan panas. Pastikan untuk selalu membuang bagian kuning atau daun yang layu agar tidak menyebar ke tanaman atau daun hijau lainnya. Tanaman sri rejeki atau aglonema juga ternyata tidak tahan dengan asap rokok maupun uap panas dari dapur. Perhatikan juga untuk tanaman sri rejeki di bagian daunnya yang sudah tua untuk selalu dipangkas setiap hari.

Tanaman Hias Tanaman Paku Tanduk Rusa

Tanaman Hias Tanaman Paku Tanduk Rusa

Tanaman paku tanduk rusa atau simbar menjangan merupakan jenis tumbuhan paku yang epifit atau akarnya melekat di pohon. Tanaman ini bisa didapati secara liar tumbuh di seluruh daerah iklim tropis dunia (mulai Malaysia sampai dengan Polynesia). Tanaman ini akan nampak cantik jika digantungkan supaya kesan alami taman didapatkan. Anda bisa meletakkannya di tempat yang teduh dan secara tidak langsung juga memeproleh sinar matahari cukup. Anakannya bisa dipisahkan dengan induknya, lakukan dengan hati-hati, kemudian selanjutnya ditempelkan di tempat lain.
Demikian penjelasan serta informasi yang dapat kami bagikan untuk Anda. Semoga bisa menginspirasi serta memberikan wawasan mengenai jenis jenis tanaman hias.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Jenis-Jenis Tanaman Hias Dan Klasifikasinya


Tips Seputar Jenis-Jenis Tanaman Hias Dan Klasifikasinya


Shares