December 5th 2016 | Category: Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga

Jenis tanaman hias bunga favorit di Indonesia.Tanaman hias bunga kini mulai bermunculan dan menyemarakkan suasana. Daya tarik dari tiap tanaman hias terutama bunga hias tentu memiliki kekhasan masing-masing mulai dari wewangian, warna, serta bentuk mahkota yang beraneka ragam. Setiap orang mempunyai bunga favoritnya yang terdapat daya tarik khusus memikat dan memperindah suasana. Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas mengenai beraneka ragam jenis bunga hias serta karakteristiknya yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ada banyak sekali macam tanaman hias berbunga, berdasarkan potensi penyebarannya, pengaruh serta manfaatnya di kebudayaan lokal serta pengaruh di bidang ekonomi. Selain untuk memperindah lingkungan, tanaman juga dimanfaatkan oleh manusia untuk kebutuhan oksigen setiap hari. Karena begitu banyaknya pengaruh serta manfaat dari tanaman hias berbunga tersebut, maka kini identitas dari tanaman hias bunga semakin kuat akan filosofi serta definisi. Pemanfaatan tanaman ini sebagai identitas sudah tidak asing lagi, sebagai contohnya yaitu bunga mawar yang menjadi simbol kasih sayang, kemudian bunga anggrek yaitu menjadi simbol harapan. Tidak hanya itu, ada beberapa bunga juga diidentikkan menjadi simbol negara, dilihat dari sisi sejarah maupun filosofinya.  Kita ambil contohnya yaitu negara Indonesia yang mempunyai tiga jenis tanaman hias yang menjadi identitas bangsa, yaitu Puspa Pesona diwakili oleh Anggrek Bulan, Puspa Bangsa diwakili oleh bunga Melati, kemudian Puspa Langka diwakili Rafflesia arnoldi. Untuk memperjelas dan memperkaya Anda akan informasi, berikut ini akan kami sampaikan beberapa jenis bunga hias yang menjadi favorit terutama di negara Indonesia untuk dipelihara.

Baca juga artikel terkait Jenis Tanaman Hias Bunga Di Indonesia di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga.

Tanaman Hias Bunga Mawar Sebagai Queen of Flower

Ya, seperti kita ketahui bersama, bunga mawar begitu populer tidak hanya di Indonesia saja, melainkan hingga seluruh dunia, dengan julukan Queen of Flower. Bunga mawar mempunyai ciri khas tersendiri, unik dari segi bentuk, keindahan serta aroma atau wewangian yang menarik hati. Bunga mawar mempunyai beraneka macam warna terang, antara lain merah, putih, merah muda, serta ungu. Bunga mawar dibagi lagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tempat tumbuhnya, yaitu Polyantha, Hybrid tea, Climbing rose, Grandiflora serta Floribunda.

Hybrid tea mempunyai bunga tunggal dengan ukuran besar, tangkainya panjang dan susunan bunga kompak. Biasanya bunga ini digunakan untuk bunga potong. Jenis bunga Floribunda tangkainya lebih panjang dengan bunga yang dirangkai dalam buket besar.  Jenis Polyantha rangkaian bunganya lebih kecil. Grandiflora adalah gabungan bunga mawar floribunda dan Hybrid tea. Climbing rose merupakan bunga mawar yang merambat terdiri atas bunga rangkap dan bunga tunggal. Ekstrak bunga mawar biasanya dimanfaatkan sebagai pelembab kulit, wewangian atau parfum, sabun, dan masih banyak lagi lainnya.

Tanaman Hias Bunga Edelweiss, Langka dan Abadi

Bunga Edelweiss sangat familiar di kalangan pendaki gunung, karena memang tempat tumbuhnya di pegunungan ketinggian 3000 mdpl. Bunga Edelweiss dijuluki sebagai bunga abadi karena memang mampu bertahan lama meskipun sudah dipotong dan disimpan. Bunga Edelweiss di Indonesia merupakan golongan Edelweiss Jawa dengan nama latin Anaphali javanica.

Tanaman ini termasuk golongan endemik dan mudah ditemukan di pegunungan Jawa, Sulawesi Selatan, Lombok serta Sumatra Selatan. Meskipun cukup merata penyebarannya, ternyata kini bunga ini tergolong langka terutama di wilayah Bromo, Tengger Jawa Timur. Maka dari itu kita wajib menjaganya, jangan merusaknya dan jangan membawanya pulang ke rumah. Edelweiss bunganya putih kekuningan dan kontras oleh daunnya yang hijau kusam. Biasanya Edelweiss berbunga bulan April sampai Agustus.

Tanaman Hias Bunga Anggrek sebagai Puspa Pesona Indonesia

Bunga Anggrek kini mulai banyak dibudidayakan, karena banyaknya jenis yang dipunyai tanaman epifit ini. Seperti yang kita ketahui bersama bunga Anggrek dijuluki sebagai bunga nasional, sebutannya puspa pesona khusus untuk Anggrek Bulan.

Tanaman Hias Bunga Melati sebagai Puspa Bangsa Indonesia

Selain bunga Anggrek Bulan, bunga hias selanjutnya yang menjadi favorit Indonesia adalah bunga melati. Bunga melati dijuluki sebagai puspa Bangsa dan simbol nasional dari negara Indonesia. Bunganya berwarna putih, golongan tanaman perdu, serta wanginya yang sangat khas. Bunga Melati banyak digunakan sebagai jenis-jenis tanaman hiasan karena aromanya, sebagai bahan alami kosmetik, bahan medis, aroma terapi untuk spa dan teh, serta pewangi pakaian maupun ruangan. Cukup banyak kita temui bunga melati di event tertentu seperti momen pernikahan.

Bunga melati mempunyai ratusan jenis tanaman, namun saat ini baru sembilan jenis bunga melati yang dibudidayakan dan berpotensi menjadi tanaman hias. Sisanya dari itu semua masih tumbuh liar di hutan pedalaman, tidak terlalu diperhatikan dan belum tahu dari sisi ekonomisnya. Jenis melati yang sering ditemui adalah melati Gambir, Melati bintang, melati primrose, melati putih, melati raja dan masih banyak lagi lainnya.

Demikian beberapa informasi yang bisa kami berikan untuk Anda, semoga menginspirasi dan semakin memperkaya wawasan mengenai jenis bunga hias.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Jenis Tanaman Hias Bunga Di Indonesia


Tips Seputar Jenis Tanaman Hias Bunga Di Indonesia


Shares