November 14th 2016 | Category: Tanaman Hias, Tanaman Hias Air

Tanaman air hias dapat menjadi pilihan yang paling tepat untuk mengisi kekosongan kolam yang ada di rumah Anda. Karena melihat kolam luas yang hanya Anda isi dengan ikan memang rasanya sangat tidak enak untuk dipandang. Oleh karena itu, Anda harus mulai berkreasi untuk menghias kolam ikan yang awalnya benar-benar hanya berisi ikan menjadi lebih indah melalui sentuhan tanaman hias.

Bukan hanya memperindah pemandangan, manfaat tanaman hias di kolam juga akan memberikan sentuhan suasana yang terkesan lebih asri. Bunga-bunga yang bermekaran di kolam dari tanaman air dengan berbagai warna tentu akan menyulap kolam Anda menjadi lebih dekoratif. Adapun beberapa pilihan tanaman air populer yang dapat Anda gunakan untuk menghias kolam renang diantaranya ada di bawah ini.

Baca juga artikel terkait Macam-Macam Tanaman Air Hias di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hias, Tanaman Hias Air.
Macam-Macam Tanaman Air Hias

Macam Macam Tanaman Air Hias

Tanaman Air Hias Teratai (Nymphaea SPP)

Nymphaea spp atau teratai adalah jenis tanaman hias air yang sangat populer. Ketika melihat cara hidupnya, teratai sebenarnya disebut sebagai tanaman hias air dalam. Hal tersebut dikarenakan jenis tanaman hias air yang satu ini memiliki akar sekaligus batang yang berada jauh tenggelam di dalam air. Dengan begitu, yang dapat Anda nikmati di atas permukaan hanya bunga dan daunnya saja. Ini menjadi ciri khas tersendiri yang membedakan teratai dengan tanaman hias air yang lainnya.

Tanaman Air Hias Bunga Lotus (Nelumbo spp)

Bunga lotus memang memiliki habitat di air. Khusus untuk tanaman hias air yang satu ini memiliki cara hidup yang terkesan lebih unik jika dibandingkan dengan teratai. Hal tersebut dikarenakan jenis tanaman hias air tawar ini memiliki akar yang berada di dalam air, akan tetapi bagian tanaman yang lain seperti daun, bunga hingga batang masih berada di atas permukaan air. Sehingga berdasarkan cara hidupnya, bunga lotus dapat disebut sebagai tanaman hias air pinggir (marginal plant) karena hanya akarnya yang tenggelam di dalam air.

Sebenarnya tanaman hias air pinggir bukan hanya bunga lotus, beberapa diantaranya seperti rumput pepayungan Cyperus papyrus, kana air Thalia dealbata, tanaman pedang Echinodorus palaefoluis (ekor kuda Equisetum hyemale), dan ekor kucing Typha latifolia juga termasuk tanaman hias pinggir.

Tanaman Air Hias Selada Air (Pistia Stratiotes)

Selada air merupakan tanaman hias air mengapung. Tanaman air yang satu ini dapat dikatakan jenis yang berbeda dibandingkan dengan teratai atau bunga lotus. Pasalnya, bibit tanaman air hias selada air benar-benar mengapung dan hampir seluruh anggota tubuh dari tanaman ini mengapung pada permukaan air hingga tumbuh dewasa. Contohnya, akar, batang hingga daun semua tidak tenggelam ke dalam air sejak dibudidayakan hingga tumbuh dewasa.

Tanaman Air Hias Papirus Air

Budidaya tanaman air hias yang satu ini sebenarnya juga dapat dilakukan di darat, dengan demikian sering disebut sebagai tanaman semi aquatik. Sedangkan pertumbuhan papirus air cenderung tegak dengan ketinggian batang yang dapat mencapai 2 meter. Pada ujung atas batanng papirus air akan ditemukan adanya daun majemuk. Daun-daun tersebut panjang dan cenderung tipis yang lebih mirip dengan palem bambu dengan pola bulat. Jika Anda perhatikan, maka akan jelas terlihat bahwa daun dari papirus air tumbuh bagaikan memayungi batangnya yang berbentuk ramping. Papirus air masih terbagi menjadi dwarf papyrus dengan ukuran kecil dan papyrus yang memiliki ukuran lebih besar.

Tanaman Air Hias Tetepok

Tetepok merupakan salah satu pilihan tanaman air hias kolam dengan penampilan yang memang terkenal sangat cantik. Tanaman yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai hiasan di kolam dengan ukuran yang agak besar. Tetepok memiliki daun yang lebar menyerupai bentuk hati atau love. Maka dari itu tidak heran jika tanaman hias air yang biasa digunakan untuk menghias kolam ini cenderung dikenal dengan namaflooting heart di luar negeri. Tentunya itu dikarenakan daunnya yang seakan melambangkan hati mengapung. Memiliki bunga yang berwarna putih, bunga-bunga tetepok juga memiliki tekstur yang sangat lembut layaknya serbuk salju yang saling berjajar rapi di permukaan air. Bahkan dari keindahan bunganya tersebut, tetepok juga mendapatkan julukan Water Snowflake.

Tanaman Air Hias Apu-apu

Apu-apu terkadang sering disebut dengan nama water cabbage. Nama tersebut memang muncul karena apu-apu memiliki bentuk menyerupai sayuran kol yang sedang merekah. Bahkan apu-apu ini juga memiliki beberapa nama lain seperti kayu apung atau kapu-kapu. Jika seroja dan teratai sangat terkenal dengan bunga warna-warninya, maka apu-apu tumbuh dengan hanya didominasi dengan warna hijau tua. Kendati demikian, tentunya tidak akan mengurangi keindahan yang ditampakkan oleh apu-apu. Daunnya yang berbulu halus layaknya sutra sangat indah merekah berlapis-lapis bagai bunga dengan banyak kelopak. Selain itu, warnanya yang hijau akan membuat suasana menjadi lebih segar dan alami.

Jadi, tanaman air hias manakah yang Anda rasa lebih cocok untuk menghias sekaligus mempercantik kolam yang ada di rumah Anda? Untuk mempelajari cara merawat tanaman hias, anda dapat membaca artikel cara merawat tanaman hias dengan baik dan benar.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Macam-Macam Tanaman Air Hias


Tips Seputar Macam-Macam Tanaman Air Hias


Shares