January 4th 2017 | Category: Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga

Tanaman bunga hias adalah suatu jenis tanaman hias yang kini cukup banyak diminati terutama penggemar berat tanaman berbunga. Jenis tanaman ini sering dijadikan penghias pekarangan atau taman rumah supaya semakin asri dan cantik. Rumah selayaknya digunakan untuk tempat beristirahat serta melepaskan segala penat yang dirasakan selama berada di luar rumah. Tentu saja rumah hunian akan semakin tentram dan nyaman jika di sekitarnya ditumbuhi dengan tanaman berbunga begitu indah.

Anda bisa menanam tanaman hias yang dapat berbunga cantik menggunakan media pot ataupun dapat ditanamkan langsung di tanah. Tidak perlu lahan atau pekarangan yang luas untuk mewujudkan impian taman hias yang indah dan cantik, karena dengan pemanfaatan lahan sempit pun secara efisien dan maksimal maka taman yang indah bisa menjadi kenyataan. Taman kecil bisa diramaikan dengan bunga beraneka ragam warna dan menampakkan suasana asri dan damai. Kegiatan bercocok tanam pun ini juga bisa digunakan sebagai hobi utama yang begitu menyenangkan dalam memanfaatkan waktu luang.

Baca juga artikel terkait Tanaman Bunga Hias Untuk Taman Rumah di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga.

Begitu banyak jenis tanaman bunga yang bisa ditanam di pekarangan tempat tinggal. Tanaman tidak harus langka atau berharga mahal, karena keindahan serta keelokan taman bisa terwujud jika kita sebagai pemilik mampu merawat dan melestarikan dengan sepenuh hati. Lantas apa sajakah tanaman yang cocok dan layak ditanam serta dirawat di halaman atau taman rumah anda? Berikut ini akan kami bahas satu persatu apa saja pilihan tanaman bunga hias yang bisa anda rawat di rumah.

Tanaman Bunga Hias Puspa Pesona Bunga Anggrek

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa bunga anggrek sudah lama dikenal dengan julukannya yaitu puspa pesona dan merupakan salah satu dari sekian banyak bunga khas nusantara. Bunga anggrek sendiri di negara Indonesia varietasnya cukup banyak, baik itu yang memang secara liar tumbuh maupun telah sengaja dibudidayakan. Ada sekitar lima sampai enam ribu jenis tanaman bunga anggrek di Indonesia, dan baiknya dilestarikan karena hampir punah, contohnya antara lain anggrek hitam, anggrek kebutan, anggrek koribas. Indahnya dan keelokan bunga anggrek sering diidentikan dengan simbol keindahan, rasa cinta, serta kemewahan.

Tanaman Bunga Hias Kembang Sepatu Dengan Sejuta Keindahan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bunga atau kembang sepatu adalah salah satu jenis tanaman hias yang dapat hidup dengan mudah meskipun terpapar sinar matahari secara langsung. Tanaman bunga hiasan rumah ini mampu tumbuh besar ke atas dan baiknya ditanam menggunakan media pot. Tujuan penggunaan pot ini adalah supaya pertumbuhan tanaman kembang sepatu bisa dikendalikan. Sebagai catatan, Tanaman kembang sepatu ternyata bentuknya tidak menyerupai sepatu sama sekali. Bunga yang mempunyai nama latin Hibiscus rosasinenis warnanya merah muda dan sangat menarik untuk dijadikan penghias rumah.

Tanaman Bunga Hias Kamboja, Bunganya Indah Dan Bermanfaat

Spesifikasi serta morfologi tanaman kamboja atau adenium yang sangat unik, membuatnya dijadikan sebagai tanaman hias. Seperti bunga anggrek, varietas atau jenis tanaman kamboja juga beraneka ragam, antara lain adenium windmill dan adenium waterfall. Tidak hanya soal keindahan, ternyata bunga atau tanaman kamboja juga bermanfaat bagi kesehatan.

Getah serta bunga kamboja mampu menghambat disentri karena mengandung zat tertentu berkhasiat. Selain itu juga dapat mengobati radang saluran pernafasan, hepatitis serta TBC. Bunga kamboja di Bali dipergunakan untuk perlengkapan wajib upacara tradisional keagamaan.

Tanaman Bunga Hias Kemuning Dengan Wangi Semerbak

Bunga kemuning memiliki ciri khas wangi atau aroma sangat kuat saat malam hari tiba. Kemuning memiliki nama latin Murraya paniculata, adalah suatu tiruan bunga melati, yang mampu tumbuh secara liar di sekitaran tepi hutan dan semak belukar. Selain itu kemuning juga mampu dijadikan tanaman pagar maupun tanaman hias.
anda bisa menanamnya di bawah paparan sinar matahari langsung atau tempat terbuka di halaman rumah karena tanaman ini memang sangat menyukai sinar matahari. Anda tidak perlu khawatir karena perawatannya tergolong mudah, cukup disiram kemudian diberikan sedikit pupuk supaya bertumbuh subur.

Tanaman Bunga Hias Alamanda Mudah Perawatannya

Tanaman hias selanjutnya yang bisa menjadi pilihan adalah bunga alamanda yang mudah dalam perawatannya, karena tumbuhnya bergerombol dan bisa berkembang biak secara cepat. Anda bisa menanam alamanda di dalam pot supaya mudah terpindahkan. Salah satu jenis alamanda yang terpopuler di Indonesia adalah jenis Alamanda cathartica.

Julukan dari bunga ini sering disebut dengan bunga lonceng atau bunga terompet emas. Bunga alamanda sebenarnya asalnya dari kawasan Amerika Tengah dan Selatan. Meskipun aroma atau wanginya tidak terlalu kuat seperti jenis tanaman lainnya, namun kelebihan dari alamanda adalah warna kuningnya yang begitu indah.

Demikian beberapa informasi dan referensi yang bisa kami berikan di atas, semoga bermanfaat dan memperkaya anda akan inspirasi bercocok tanam dan memperkenalkan mengenai kekayaan tanaman bunga hias.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Tanaman Bunga Hias Untuk Taman Rumah


Tips Seputar Tanaman Bunga Hias Untuk Taman Rumah


Shares