December 3rd 2016 | Category: Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias adenium biasa disebut dengan kamboja Jepang padahal tanaman ini berbeda dengan kamboja dan tidak berasa dari Jepang. Bunga ini berasal dari Afrika dan Asia Barat. Bunga ini berasal dari wilayah gurun pasir yang panas dan kering. Sebutan adenium sebenarnya adalah desert rose. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik pada kondisi yang kering daripada di media yang basah. Tanaman hias ini mempunyai nama adenium karena salah satu daerah asal adenium adalah Aden yang merupakan ibukota Yaman. Tanaman hias adenium ini mempunyai berbagai macam bentuk. Jenis tanaman adenium yang menarik banyak dihasilkan dari persilangan. Semakin unik bentuknya, semakin tinggi harga jual tanaman ini.

Tanaman Hias Adenium Dengan Teknik BonsaiGambar Tanaman Hias Adenium Dengan Teknik Bonsai

Baca juga artikel terkait Tanaman Hias Adenium Dan Cara Merawatnya di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga.

Jenis Tanaman Hias Adenium Paling Mahal

Dari sekian banyak tanaman adenium, ada beberapa jenis tanaman hias adenium yang mahal sebagai berikut:

Tanaman Hias Adenium boehmianum

Jenis tanaman ini disebut boehmianum. Jenis ini mempunyai bentuk yang paling menarik dari semua jenis adenium yang lain. Adenium ini mempunyai banyak cabang sehingga terlihat menarik dan sempurna untuk hiasan di rumah anda.

Tanaman Hias Adenium Obesum

Ini merupakan jenis adenium yang paling banyak kita lihat di pekarangan rumah. Tanaman ini mempunyai berbagai variasi mulai dari bentuk akar, daun, dan bunga.

Tanaman Hias Adenium Somalense

Adenium ini banyak ditemukan di seluruh dunia. Tanaman ini mempunyai mahkota bunga dengan bentuk yang cantik seperti bintang. Jenis bintang sangat jarang ditemukan di Indonesia sehingga bibit tanaman adenium ini dibudidayakan secara khusus.

Tanaman Hias Adenium Socotranum

Jenis adenium ini bisa ditemukan di area yang gersang dan kering seperti padang pasir. Tanaman ini jarang berbunga karena tumbuhan ini sangat jarang memperoleh air.

Tanaman Hias Adenium Oleifolium

Adenium ini mempunyai bunga yang sangat cantik dan unik dibandingkan yang lain. Adenium jenis ini bisa ditemukan dengan mudah di negara beriklim tropis. Tumbuhan ini bisa berbunga setiap hari dan keindahannya tidak diragukan lagi.

Tanaman Hias Adenium Arabicum

Tumbuhan ini asli dari Arab. Tumbuhan ini bisa tumbuh dengan tinggi. Bentuknya tidak menarik tetapi harganya sangat mahal sehingga hanya orang-orang beruang saja yang bisa mempunyai jenis tanaman ini.

Tanaman Hias Adenium Multiflorum

Tanaman ini banyak terdapat di daerah dengan kelembapan yang sangat tinggi. Tumbuhan ini hanya bisa berbunga 2 minggu sekali. Bunganya tidak bisa tumbuh setiap hari.

Teknik Bonsai Tanaman Hias Adenium

Budidaya tanaman hias adenium akan lebih cantik jika ditanam dengan cara bonsai. Bonsai merupakan tanaman kerdil. Caranya dilakukan dengan menghambat perkembangan tanaman tersebut. Teknik ini dilakukan dengan tumbuhan yang mempunyai batang atau kayu. Tetapi, ternyata bonsai tidak harus selalu dengan tanaman berkayu. Keindahan dari bonsai adenium sudah menghapuskan syarat bahwa bonsai harus menggunakan tanaman berkayu.

Cara budidaya tanaman hias adenium dengan teknik bonsai adalah sebagai berikut:

Mempersiapkan Bibit Adenium
Pilihlah biji adenium yang sudah tua dengan kulit buah yang sudah kering. Jemur biji tersebut selama 5-6 jam di bawah sinar matahari. Biji harus dikeringkan agar kadar air berkurang sehingga biji tidak membusuk. Angkat biji dan letakkan di tempat yang teduh. Siapkan media semai dengan cara mengisi sekam dan tanah dengan perbandingan 2:1ke dalam pot. Isikan 2/3 bagian saja. Tutup menggunakan plastik transparan yang sudah diberi lubang kecil sebesar jarum. Taruh media semai di tempat yang teduh dan siram menggunakan spray. Setelah 1 minggu, adenium akan muncul tunas. Buka penutupnya. Setelah 2 bulan, biji adenium dan mempunyai daun minimal 6 helai, maka biji bisa dipindahkan. Jika tumbuhan adenium sudah tumbuh dengan ketinggian sekitar 20 cm, maka biji bisa dipindahkan ke lahan yang permanen.

Menyiapkan Lahan Tanam
Adenium tidak suka dengan keadaan lembap. Adenium memerlukan banyak cahaya matahari sehingga jika anda menanam di lahan rumah, pastikan bahwa tanah mempunyai porositas yang bagus seperti pasir. Lubangi tanah sedalam 20 cm dan isi dengan pasir dan pupuk kandang.

Memindahkan Bibit Tanaman Hias Adenium
Buka polybag dan pindahkan bibit ke lahan permanen secara hati-hati agar tidak hancur. Tutup dengan tanah.

Membentuk Tanaman Hias Adenium
Cara merawat tanaman hias ini bisa dilakukan dengan membentuk tanaman agar lebih unik. Potong akar dan batang sesuai keinginan anda dan atur batang agar bisa berkelok-kelok dengan kawat. Jangan lupa untuk selalu memupuk dan menyiram tanaman adenium secara teratur meskipun tanaman ini tumbuh di lahan yang kering.

Tanaman adenium merupakan simbol keindahan yang sudah dikenal sejak dulu sehingga banyak bangsawan dan keluarga kerajaan yang menjadikan tanaman ini sebagai hiasan di dalam istana atau di rumah mewah mereka. Tanaman ini bahkan mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dan banyak orang yang menjadi kolektor tanaman hias adenium.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Tanaman Hias Adenium Dan Cara Merawatnya


Tips Seputar Tanaman Hias Adenium Dan Cara Merawatnya


Shares