November 14th 2016 | Category: Tanaman Hias, Tanaman Hias Air

Tanaman hias air tawar adalah salah satu jenis tanaman hais yang digunakan untuk menyemarakkan aquarium. Dengan menggunakan tanaman asli, maka ikan-ikan pun akan lebih betah berada di dalam air dan bahkan dapat bermain dengan lebih lincah jika dibandingkan tanaman buatan.

Aneka Tanaman Hias Air tawar

Menggunakan tanaman hias air tawar tentunya menjadi sebuah keuntungan tersendiri untuk anda. Selain ikan, dapat berenang lebih bebas dan lebih alami, tanaman ini akan memunculkan warna hijau alami yang akan membuat penampilan aquarium anda menjadi lebih cantik.

Baca juga artikel terkait Tanaman Hias Air Tawar Dan Cara Membudidayakannya di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hias, Tanaman Hias Air.
Gambar Tanaman Hias Air Tawar

Gambar Tanaman Hias Air Tawar

Untuk tanaman hias air tawar sendiri cukup banyak. Anda dapat memilih mana yang sekiranya cocok untuk aquarium yang digunakan. Jika anda ingin tanaman hias yang tidak terlalu rumit perawatannya berikut ini ada sekitar 8 tanaman yang dapat anda gunakan, yaitu:

Tanaman Hias Air Tawar Water wisteria

Tanaman air ini biasanya ditemukan di habitat rawa yang ada di kawasan India, Bhutan, Nepal dan juga Bangladesh. Tanaman ini biasanya diletakkan di bagian dasar aquarium. Fungsinya sebagai rumput, untuk membuat lantai aquarium menjadi terlihat hijau.

Tanaman Hias Air TawarJava moss

Bentuknya seperti tanaman cemara, banyak tumbuh du kawasan Asia Tenggara. Tidak terlalu sulit menanam tanaman hias ini, anda dapat meletakkan tanaman ini di beberapa media tanam seperti arang, kayu, dll. Bagi kebanyakan pecinta aquascape, tanaman ini dijadikan sebagai perlindungan untuk ikan-ikan kecil dari santapan ikan dewasa.

Tanaman Hias Air Tawar Lilaeopsis

Tanaman yang menyerupai rumput ini dapat tumbuh secara cepat di lantai aquarium milik anda. Tanaman ini sangat baik untuk tempat persembunyian bayi-bayi ikan kecil. Warna hijau yang cerah bagaikan karpet di lantai aquarium anda.

Tanaman Hias Air Tawar Amazon Sword

Amazon sword mempunyai bentuk daun yang menyerupai pedang, dengan daun yang cukup panjang, tanaman ini digunakan sebagai tanaman latar untuk aquarium. Asal muasal tanaman ini diperkirakan dari Amazon, itu sebabnya tanaman ini diberi nama amazon sword. Agar tanaman ini tetap cantik, anda harus menjaga cahaya lampu sekitar 8 hingga 10 jam setiap harinya.

Tanaman Hias Air Tawar African Water Fern

Tanaman ini berasal dari Afrika barat, bagus untuk latar belakang aquarium atau sebagai dasar aquarium. Dengan warnya yang hijau tua, membuat penampilan aquarium menjadi semakin cantik.

Tanaman Hias Air Tawar Java Fern

Bentuk tanaman ini sangat cantik, itu sebabnya banyak orang yang menggunakan tanaman ini sebagai salah satu tanaman hias di aquarium miliknya. Untuk menanam tanaman ini tidak terlalu sulit. Bahkan jika didesain sempurna, penampilan aquarium anda akan terlihat semakin cantik.

Tanaman Hias Air Tawar Green Tiger Lotus

Baik sebagai dekorasi, juga baik sebagai tempat persembunyian ikan, tanaman green tiger lotus ini dapat anda jadikan sebagai tanaman air berikutnya.

Tanaman Hias Air Tawar Anubias Nana

Hanya tumbuh sekitar 15, cm, Anubias Nana ini memiliki karakterisitik daun berwarna gelap dan tidak terlalu besar. Cara merawat tanaman hias ini juga tidak terlalu sulit, sehingga untuk anda yang pemula tidak akan kesulitan merawat tanaman ini.

Cara Merawat Dan Membudidayakan Tanaman Hias Air Tawar

Untuk merawat dan membudidayakan tanaman hias air tawar ini tidak terlalu sulit. Ada beberapa kriteria yang harus anda perhatikan ketika budidaya tanaman hias air tawar dengan baik, yaitu :

Suhu air Tanaman Hias Air

Sebelum anda menanam atau membudidayakan tanaman hias air tawar ini, ada baiknya jika anda mempelajari dengan baik habitat alami tanaman tersebut, dengan demikian anda akan mengenali bagaimana suhu air yang pas untuk tanaman tersebut. Dengan demikian tanaman akan tetap hidup, bahkan dapat berkembang dengan baik.

Sistem pencahayaan Tanaman Hias Air

anda juga perlu memperhatikan cara budidaya tanaman hias tersebut dengan sistem pencahayaan yang baik untuk setiap tanaman yang akan digunakan. Ada beberapa tanaman yang membutuhkan sistem pencahayaan yang baik, ada juga tidak tidak memerlukan sistem pencahayaan yang baik. Untuk anda yang pemula, dan baru belajar mengenai aquascape, sebaiknya menggunakan tanaman dengan sistem pencahayaan yang sederhana. Jika salah memberikan sistem pencahayaan, akan membuat tanaman tidak berkembang dengan baik, juga membuat ekosistem aquarium menjadi sedikit terganggu.

Pemberian Pupuk Tanaman Hias Air

Bukan hanya tanaman darat saja yang membutuhkan pupuk, tanaman air juga membutuhkan pupuk, namun tidak semua pupuk cocok untuk tanaman air. Sebaiknya cari tahu pupuk yang aman untuk digunakan, dan tidak mengganggu ekosistem aquarium anda.

Media tanam Tanaman Hias Air

Beberapa jenis tanaman air dapat tumbuh dimana saja, baik itu di pasir, arang atau di media lainnya. Tetapi ada juga beberapa tanaman yang hanya tumbuh di beberapa media tanam tertentu.

Untuk mendapatkan bibit tanaman hias air dengan kualitas yang baik, ada baiknya jika anda mencarinya di beberapa penjual tanaman hias air tawar, atau anda dapat mencarinya di toko aquarium dan ikan hias yang cukup besar.  Setelah mendapatkan bibit tersebut, anda juga perlu mencari tahu bagaimana cara menanam tanaman hias air tawar yang baik dan memeliharanya dengan baik.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Tanaman Hias Air Tawar Dan Cara Membudidayakannya


Tips Seputar Tanaman Hias Air Tawar Dan Cara Membudidayakannya


Shares