November 14th 2016 | Category: Tanaman Hias, Tanaman Hias Bonsai

Tanaman hias bonsai dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman penghias rumah yang ukurannya cebol alias sengaja tidak ditinggikan. Tanaman bonsai memang sengaja dikerdilkan dengan tujuan utama guna merancang miniatur pohon asli besar dan sudah berusia tua di alam yang bebas. Sebenarnya sudah sejak lama tradisi bonsai ini dilakukan di negara Jepang dalam rangka seni tradisional serta metode pemeliharaan tanaman di pot yang dangkal. Di negara Jepang, tanaman hias bonsai diapresiasi secara nyata dari segi keindahan bentuk dahan, batang, daun serta akar pohonnya. Selain itu pot yang dipergunakan untuk menjadi media tanam bonsai menjadi spesifikasi atau kriteria bagus tidaknya bonsai tersebut.

Cara Merawat dan Tips Ampuh Tanaman Hias Bonsai

Tanaman hias bonsai tidak bisa hidup dan memesona jika kita tidak merawat dan menjaganya dengan baik. Lantas bagaimana metode serta cara yang tepat untuk merawat serta memeliharanya? Jangan khawatir, kali ini kami akan membantu anda dalam memberikan beberapa cara merawat tanaman bonsai supaya selalu terjaga dan keindahannya dapat awet. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk anda.

Baca juga artikel terkait Tanaman Hias Bonsai Dan Cara Merawatnya di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hias, Tanaman Hias Bonsai.

Pemilihan pot yang baik. Anda bisa menggunakan jenis pot yang dangkal, kemudian dibuat media penanaman bibit tanaman bonsai yang unggul. Ganti dengan segera jenis pot yang tidak cocok spesifikasi. Tujuan dari pemilihan pot yang baik dan benar adalah supaya akar pohon yang baru bisa tumbuh. Jangan lupa untuk menambahkan lubang di bawah pot agar kelebihan air bisa mengalir lancar keluar dari pot. Akar tanaman bonsai yang terlalu lama terendam air bisa membusuk dan membuat tanaman menjadi layu serta mati, maka dari itu pot sengaja dibuat berlubang.

Teknik penyiraman tanaman yang baik serta benar. Cara merawat tanaman hias bonsai yang benar dengan memerhatikan intensitas penyiraman. Sebisa mungkin jangan terlalu banyak intensitas penyiramannya, karena dapat berakibat buruk, yaitu tumbuhnya jamur, kemudian akar semakin membusuk. Tetapi bukan berarti tanaman bonsai tidak disiram sama sekali, karena kita harus menjaga tanaman bonsai supaya tidak sampai mengalami kekeringan dan bonsai dapat mati. Anda juga bisa memeriksa kadar kelembaban dari tanaman bonsai, dengan cara menusukkan tusuk gigi atau lidi ke dalam tanah media penanaman.

Ada baiknya dilakukan penyiangan maupun pemangkasan secara rutin dan teratur. Anda bisa menjemur di bawah sinar matahari, namun harus teliti dan berhati-hati supaya bonsai tidak menjadi rusak. Tanaman bonsai wajib mendapat perlakuan tepat mulai penjemuran di bawah sinar matahari, penyiraman, serta pemangkasan. Hal ini dilakukan supaya tanaman bonsai mempunyai kualitas sehat serta baik. Anda juga perlu melakukan penyiangan, utamanya gulma yang muncul di media tanam. Anda berikan lumut di permukaan media tanam supaya gula tidak menyerang. Tujuan diberikannya lumut hijau supaya mengukur tingkat kelembaban dari media tanam.

Cara Memilih Bibit Unggul Tanaman Hias Bonsai

Sebelum kita memulai untuk melakukan budidaya tanaman bonsai, ada baiknya untuk mengetahui bibit unggul yang baik untuk dijadikan pohon bonsai yang kuat dan cantik. Kriteria bibit unggul yang baik ternyata tidak bisa ditemukan di semua jenis tanaman melainkan harus melewati berbagai kriteria dan spesifikasi. Anda harus meneliti jenis atau karakteristik tanamannya dulu supaya memperoleh bibit yang tepat. Salah satu ciri tanaman yang baik dijadikan bonsai adalah berkayu keras. Mengapa demikian? Ya, karena tanaman berkayu keras daya tahannya baik, tidak mudah lapuk, serta dapat sembuh dengan cepat saat terkena luka.

Selain itu faktor utama penunjang tanaman bonsai yang baik dapat dilihat dari usianya, semakin panjang usia tanaman tersebut maka dapat menunjang tanaman kerdil bisa dinikmati keindahannya lebih lama. Bahkan bila beruntung, tanaman terpilih tersebut bisa diwariskan untuk generasi ke depan selanjutnya. Di negara Jepang sendiri sudah begitu banyak tanaman bonsai yang umurnya mencapai ratusan tahun. Mengapa bisa demikian? Ya, karena tanaman tersebut dirawat sedemikian rupa dan terus menerus hingga beberapa generasi. Tanaman bonsai seperti ini menyajikan peninggalan unik nan antik dan mendapatkan nilai lebih demi koleksi turun temurun.

Cara budidaya tanaman hias bonsai cukup mudah apabila diikuti secara runtut dan teratur. Seusai menemukan jenis bibit yang tepat untuk menjadi koleksi, selanjutnya memerhatikan penampilan sebenarnya dari tunggul tersebut, apakah sudah tepat apa belum. Bibit atau tunggul yang bagus untuk bonsai, adalah yang mempunyai pangkal batang besar. kemudian menggembung serta makin mengerucut kecil ke atas. Jika anda menemukan penampilan tanaman seperti ini, maka kesan berwibawa atau tua akan muncul dari tanaman. Cabang ranting yang baik dapat diketahui dari jumlah ranting yang banyak. Daun akan tumbuh banyak di cabang atau ranting tersebut, dan paling banyak berada di dekat batang.

Demikian beberapa informasi dan wawasan yang bisa kami berikan untuk anda para pecinta tanaman bonsai. Semoga informasi di atas mampu memperkaya anda akan pengetahuan mengenai tanaman hias bonsai.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Tanaman Hias Bonsai Dan Cara Merawatnya


Tips Seputar Tanaman Hias Bonsai Dan Cara Merawatnya


Shares