January 19th 2017 | Category: Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias mawar mempunyai berbagai spesies di dunia. Bunga ini juga mempunyai sejarah yang cukup unik. Terdapat kurang lebih 100-150 spesies mawar yang tumbuh di alam liar. Dunia botani yang semakin berkembang membuat spesies bunga mawar menjadi lebih banyak yang diperoleh dengan cara rekayasa genetika dan perkawinan silang. Secara umum semua spesies bunga ini mempunyai kelopak, akar, mahkota bunga, daun, batang, dan duri. Bunga mawar sudah melekat dengan image sexy, terutama bunga mawar yang berwarna merah. Ini adalah warna bunga mawar yang paling populer dan sangat disukai. Setiap toko bunga pasti menjual bunga mawar merah untuk buket bagi orang tercinta.

Gambar Tanaman Hias Bunga Mawar Gambar Tanaman Hias Bunga Mawar

Baca juga artikel terkait Tanaman Hias Mawar Dan Cara Merawatnya di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hias, Tanaman Hias Bunga.

Jenis Tanaman Hias Mawar Paling Terkenal

Bibit tanaman bunga mawar memang selalu dicari untuk ditanam di kebun dan dibudidayakan untuk menjadi hiasan ketika ada acara tertentu seperti pernikahan, untuk kado ketika hari kasih sayang, dan masih banyak lagi. Selain bunga mawar berwarna merah, ada beberapa jenis bunga mawar yang sangat terkenal sebagai berikut:

Ballerina roses
Mawar ballerina adalah tanaman hias mawar dengan bentuk yang sangat indah dan bisa mengeluarkan bunga terus menerus dari jenis mawar yang lain. Bentuk bunganya kecil dengan warna merah muda yang sangat lembut. Di tengah mahkota bunga terdapat warna putih yang cantik dan benang sari yang berwarna gold. Ini adalah jenis tanaman semak pendek dengan bunga yang hampir sama dengan bunga hydrangea.

Blaze roses
Tanaman mawar jenis ini tumbuh dengan cara merambat dan mempuyai mahkota bunga berwarna merah. Jumlah kelopaknya sekitar 25 lembar. Bunga yang sedikit harum ini akan mekar mulai dari musim panas sampai musim gugur jika ditanam di area dengan empat musim. Jika ditanam di Indonesia yang hanya mempunyai dua musim, bunga ini bisa mekar sepanjang tahun. Jadi di Indonesia, budidaya tanaman hias mawar dari jenis ini cukup mudah.

Bonica roses
Ini merupakan bunga semak dengan warna merah muda yang gelap. Diameter bunga berukuran 3.8 cm. Jumlah kelopaknya sekitar 26-40 lembar. Bunga ini mekar ketika akhir musim semi atau di awal memasuki musim panas.

Chrysler imperial roses
Mawar ini juga tanaman semak dengan warna merah tua. Bentuknya seperti teh. Diameternya sangat besar yakni 12.7 cm. Jumlah bunga sekitar 45-50 lembar. Aromanya sanat kuat, tahan dengan jamur dan bintik hitam. Tanaman ini juga tahan ketika diletakkan di tempat yang teduh.

Double delight roses
Mawar ini mempunyai warna merah campuran. Di bagian ujung berwarna merah dan di bagian tengah berwarna putih. Aroma rempah-rempah pada mawar ini sangat kuat. Diameter bunganya 12.7 cm dengan jumlah kelopak mencapai 30 lembar. Mawar ini bisa mekar dua kali lebih banyak. Mawar ini sangat rentan dari jamur dan bintik hitam.

Iceberg roses
Tanaman hias mawar yang terkenal ini mempunyai warna putih dengan diameter 5 cm. Mawar ini memiliki 17-25 lembar kelopak dengan aroma harum yang sangat kuat. Mawar ini dikembangkan oleh Reimer Kordes di tahun 1958.

Scentimental roses
Bunga mawar ini mempunyai warna merah dengan garis putih dan garis ungu muda. Aromanya ringan sampai kuat. Jumlah kelopak bunga sekitar 25-36 lembar. Diameter bunganya adalah 12 cm. Bunga ini tahan dengan karat, jamur, dan bintik hitam. Bunga ini bisa mekar di akhir musim semi.

Cara Menanam Bunga Mawar Di Dalam Pot

Keindahan memang sudah melekat dengan bunga mawar. Bunga mawar mempunyai nilai seni yang tidak bisa diungkapkan. Keindahan bunga ini sudah menyihir banyak orang sehingga jika menanam tanaman ini bisa mendatangkan kepuasan bagi sang pemilik bunga. Cara budidaya tanaman hias, khususnya bunga mawar cukup mudah untuk dilakukan. Bahkan bunga mawar bisa ditanam di pot untuk menambah keindahan kebun yang ada di rumah anda.

Berikut ini merupakan cara menanam bunga mawar di dalam pot:

  1. Campurkan pasir, tanah, dan pupuk kadang dengan perbandingan 1:1:1/4. Campur sampai rata.
  2. Masukkan campuran tadi ke dalam pot. Ukuran pot bisa disesuaikan dengan selera anda.
  3. Masukkan batang mawar yang sudah dipotong dan tancapkan ke dalam pot yang sudah diisi dengan tanah.
  4. Siram dengan sedikit air dan letakkan di tempat yang sejuk dan tidak langsung terkena matahari.
  5. Simpan di tempat yang sedikit gelap supaya mata tunas bisa tumbuh lebih cepat.
  6. Jika tunas sudah tumbuh, letakkan di area yang terang supaya mendapatkan cahaya matahari untuk fotosintesis.

Gambar Cara Menanam Bunga Mawar Di Pot Gambar Cara Menanam Bunga Mawar Di Pot

Cara merawat tanaman hias yakni bunga mawar ini cukup dengan disiram pada sore atau pagi hari secara teratur di 1-2 bulan setelah ditanam. Berikan pupuk kandang supaya subur. Cara memberikan pupuk dengan dibenamkan di dalam tanah yang ada di pinggir pot. Bagi anda yang mencintai keindahan, pilihan yang sangat tepat untuk menanam tanaman hias mawar.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Tanaman Hias Mawar Dan Cara Merawatnya


Tips Seputar Tanaman Hias Mawar Dan Cara Merawatnya


Shares