November 30th 2016 | Category: Tanaman Hias, Tanaman Hias Kaktus

Tanaman kaktus hias kini bukan barang baru lagi. Banyak orang yang sudah memiliki dan menggunakannya sebagai hiasan rumah, baik interior maupun eksterior. Tanaman ini banyak tersebar di daerah tandus Amerika Selatan dan Meksiko. Dahulu, orang mengenal kaktus dengan batangnya yang besar dan tinggi. Kini, tanaman tersebut mempunyai banyak jenis dengan bentuk mini. Keindahan bunganya pun tidak perlu diragukan lagi.

Saat ini, sudah banyak orang yang melakukan budidaya tanaman kaktus hias. Sebab, tanaman ini mudah dalam perawatan dan pengembang biakannya. Tidak seperti tanaman hias lain, kaktus hias tidak memerlukan kerajinan dari si pemilik untuk menyiramnya. Kaktus dapat bertahan lama tanpa adanya air karena memang habitat aslinya minim akan air. Oleh karena itu, kaktus dilengkapi duri untuk membatasi penguapan, batang dari spon untuk menyimpan air, batang berlapis lilin untuk mempertahankan air, akar yang panjang untuk menyerap unsur hara dan air dalam tanah. Tertarik mengenal lebih jauh tentang tanaman kaktus hias ini? Simak informasi berikut ini.

Baca juga artikel terkait Tanaman Kaktus Hias Untuk Mempercantik Rumah Anda di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Hias, Tanaman Hias Kaktus.

Jenis-Jenis Tanaman Kaktus Hias

Sekarang ini, ada banyak jenis tanaman kaktus hias. Namun, dari banyaknya itu, ada 4 jenis yang paling populer dan banyak disukai orang. Berikut ini keempat jenis kaktus hias tersebut.

Tanaman Kaktus Ball Cactus (Parodia magnifica)

Kaktus jenis ini mempunyai bentuk seperti bola yang dikelilingi duri. Ada banyak rusuk pada tubuh kaktus ini. Rambut dan bunga berwarna kuning pucat hingga oranye juga menghiasi tanaman ini. Tinggi tanaman yang berasal dari bagian selatan Brazil ini sekitar 7–15 cm. Karena ball cactus tidak begitu suka mendapat sinar matahari secara langsung, sebaiknya letakkan di tempat yang teduh.

Tanaman Kaktus Melocactus

Penampilan dari kaktus jenis ini cukup unik. Duri yang panjang dan pendek hanya tumbuh di bagian sudut-sudut luarnya saja. Untuk duri yang panjang, tidak keras sehingga tidak akan menusuk kulit manusia. Justru duri kecil yang ada di dalamnya yang keras dan tajam. Bunga dari kaktus jenis ini berada tepat di bagian atas tanaman dan berwarna oranye tua.

Tanaman Kaktus Zebra (Haworthia attenuata)

Tampilan kaktus ini lebih mirip tanaman lidah buaya mini. Tanaman ini mempunyai toleransi terhadap sinar matahari yang rendah sehingga baik jika diletakkan di dalam rumah.

Tanaman Kaktus Lobivia Oganmaru

Kaktus jenis ini juga mempunyai bentuk yang cukup unik. Tanaman ini terdiri dari dua bagian, bagian bawah dan atas. Kaktus bagian bawah berwarna hijau tanpa duri berwarna hijau dan biasanya terdiri dari tiga rusuk. Bagian ini dijadikan alas atau bantalan bagi kaktus yang ada di atasnya. Kaktus bagian atas berwarna kuning mencolok yang rusuk-rusuknya terdapat duri lembut. Tanaman yang mempunyai tinggi hingga 5 cm ini cocok diletakkan di meja kantor atau ruang tamu karena warnanya yang indah.

Selain tanaman kaktus hias, anda juga dapat menanam tanaman hias bonsai untuk mempercantik rumah anda. Anda dapat membaca cara-cara untuk menanam tanaman hias bonsai di artikel kami mengenai tanaman hias bonsai.

Cara Merawat Tanaman Kaktus Hias Agar Berbunga Lebih Cepat

Cara budidaya tanaman hias, termasuk kaktus hias, tidaklah mudah. Ada perlakuan-perlakuan khusus yang perlu diterapkan. Terlebih saat menanti kaktus untuk berbunga. Seperti kita ketahui, kaktus termasuk tanaman yang pelit untuk berbunga. Bisa bertahun-tahun untuk melihatnya berbunga. Untuk itu, perlu dilakukan percepatan pembungaan kaktus. Dalam hal ini, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Stres air. Caranya dengan mengurangi pemberian air dalam waktu tertentu. Misalnya biasanya seminggu dua kali, diganti menjadi satu kali saja. Pindahkan kaktus ke tempat yang teduh. Lakukan pemupukan dua minggu sekali diikuti penyiraman. Pupuk dengan kandungan fosfor dan kalium tinggi sangat bagus untuk metode ini. Sebulan kemudian, bunga-bunga kaktus mulai bersemi.
  2. Memecah dormansi. Caranya dengan membersihkan akar kaktus dari tanah, kemudian dipotong hingga tersisa 2 cm. Oleskan fungisida pada bekas potongan agar tidak busuk. Diamkan selama 4 hari di tempat yang rindang. Bungkus kaktus dengan koran dan masukkan dalam kardus agar tidak terkena cahaya dan masukkan dalam lemari es dengan suhu 10–18 derajad celcius selama 3 minggu. Segera tanam kaktus tersebut di media baru, namun dengan penyinaran yang bertahap. Siramlah seminggu sekali. Kuncup-kuncup bunga akan muncul setelah 2–3 minggu.

Cara Merawat Kaktus Hias Agar Tumbuh Dengan Baik

anda tentu ingin kaktus hias anda dapat tumbuh dengan baik, bukan? Untuk itu anda perlu tahu cara merawat tanaman hias yang satu ini. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Gunakan media tanam berupa pasir untuk menanam bibit tanaman kaktus. Sebelumnya, pastikan tekstur media remah, tidak padat, dan tidak basah.
  2. Jika musim kemarau, siram 3 hari sekali. Jika musim penghujan, siram seminggu sekali. Gunakan semprotan untuk mengatur banyaknya air.
  3. Kaktus jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Letakkan di tempat yang teduh namun cukup mendapat asupan sinar matahari.
  4. Memberikan pupuk kompos, kandang, dan NPK.
  5. Ganti pot jika kaktus sudah mulai tumbuh besar.

Dari informasi di atas, kini anda tahu cara menanam, merawat, dan meletakkan tanaman mungil nan indah ini, bukan? Oleh karena itu, mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk mempercantik rumah anda menggunakan tanaman kaktus hias.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Tanaman Kaktus Hias Untuk Mempercantik Rumah Anda


Tips Seputar Tanaman Kaktus Hias Untuk Mempercantik Rumah Anda


Shares