January 16th 2017 | Category: Tanaman Obat

Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan. Tanaman daun serai memang tak asing lagi digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan ataupun penghangat dalam minuman. Ternyata fungsi serai sendiri tak cukup sampai disitu karena kegunaan lainnya begitu banyak bagi tubuh. Tanaman yang memiliki nama latin Cymbopogon citratus ini diduga berasal dari India kemudian menyebar diseluruh wilayah yang ada di dunia termasuk di Indonesia sendiri.

Daun serai juga dikenal sebagai bahan utama pembuatan sambal matah dari Bali yang sangat sedap itu. Selain lezat untuk dijadikan campuran pada makanan dan minuman, kandungan gizi dalam serai sangat banyak dan baik untuk tubuh. Kandungan tersebut meliputi magnesium, kalsium, potassium, asam folat, vitamin C dan lain sebagainya. Untuk itu dibawah ini akan dibahas apa saja manfaat yang terkandung dalam adaun serai.

Tujuh Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Serai Dan Gambarnya Gambar Daun Serai Dan Manfaatnya

Manfaat Daun Serai Untuk Mengobati Gangguan Pencernaan

Daun serai dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi gangguan pencernaan. Gangguan-gangguan pencernaan tersebut meliputi diare, masuk angin, sakit perut, dan dapat menguras gas dari dalam usus yang mengakibatkan kembung.

Manfaat Daun Serai Untuk Menguatkan Sistem Saraf

Anda dapat menggunakan minyak esensial yang terbuat dari daun serai untuk menguatkan serta meningkatkan sistem saraf. Hal ini karena efek hangat yang ditimbulkan dapat membuat otot menjadi rileks dan meredakan kejang-kejang.

Manfaat Daun Serai Untuk Pencegahan Kanker

Dari penelitian yang dilakukan disebutkan bahwa zat antioksidan yang terdapat dalam 100 gram daun serai dapat mencegah kanker. Selain itu senyawa anti kanker yang terkandung dalam serai juga dapat mematikan sel-sel kanker tanpa mengganggu perkembangan sel-sel sehat.

Manfaat Daun Serai Untuk Meredakan Nyeri Haid

Bagi wanita apabila sedang terkena haid biasanya ada rasa nyeri yang ditimbulkan dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ternyata rasa nyeri tersebut dapat diredakan dengan daun serai. Selain meredakan rasa nyeri pada saat haid, daun serai juga berguna untuk menghiangkan rasa mual.

Manfaat Daun Serai Untuk Mengobati Infeksi

Zat anti bakteri dan anti mikroba yang terkandung dalam daun serai dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati infeksi baik itu diluar maupun didalam tubuh. Pada bagian dalam tubuh daun serai dapat mengobati infeksi saluran kemih, luka, infeksi pada lambung, dan juga usus. Untuk infeksi yang ada pada luar tubuh yaitu infeksi yang disebabkan gatal-gatal pada kulit. Tak heran kenapa sekarang banyak beredar sabun yang berbahan daun serai untuk menjaga kesehatan kulit.

Manfaat Daun Serai Untuk Mempercantik Kulit

Sekarang ini banyak sekali kosmetik yang memasukkan daun serai sebagai bahan pembuatnya. Khasiat yang ada pada daun serai dapat mempercantik kulit anda karena dapat menyembuhkan jerawat. Selain itu daun serai juga berfungsi untuk menyegarkan kulit.

Manfaat Daun Serai Untuk Memperlancar Proses Detoksifikasi

Khasiat lainnya dari daun serai yang dapat anda rasakan adalah dapat mendetok racun-racun dari dalam tubuh anda dengan cara meningkatkan intensitas buang air kecil. Racun-racun yang ada di dalam tubuh dikeluarkan melalui air seni. Jika proses detoksifikasi lancar tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan organ-organ dalam.

Itulah ketujuh manfaat daun serai yang dapat anda ketahui. Selain dari ketujuh manfaat tersebut ada banyak lagi manfaat daun serai yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait 7 Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan


Tips Seputar 7 Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan


Shares