January 27th 2017 | Category: Tanaman Obat

Tidak hanya daging buahnya saja yang mengandung banyak nutrisi dan bisa dikonsumsi. Ternyata kulit manggis juga bisa dikonsumsi walaupun rasanya sepat dan pahit tetapi kulit manggis memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Tak heran kenapa sekarang banyak sekali dijual dipasaran berbagai macam kapsul ekstrak kulit manggis.
Kulit manggis diklaim dapat mengobati tekanan darah tinggi, kolesterol, kanker, menjaga kesehatan kulit, dan lain sebagainya. Bagi anda yang tidak ingin memiliki berat badan berlebih, anda juga dapat mengkonsumsi ramuan kulit manggis karena senyawa xanthone yang ada didalamnya mampu melarutkan lemak-lemak jahat dalam tubuh anda. Ada berbagai macam cara yang dapat anda lakukan untuk mengolah kulit manggis sendiri dirumah. Apasajakah itu?mari kita simak ulasannya dibawah ini.
Cara Membuat Ramuan Dari Kulit Manggis
1. Dibuat Wedang
Kulit manggis juga dapat dibuat wedang sama halnya dengan wedang jahe. Caranya dengan mengiris tipis-tipis kulit manggis yang masih segar kemudian menjemurnya dibawah terik matahari hingga kering. Cara ini dilakukan jika anda memiliki stok kulit manggis yang banyak agar kulit manggis tersebut awet disimpan dalam waktu yang lama jika sewaktu-waktu akan digunakan. Jika anda hanya memiliki stok kulit manggis sedikit anda dapat langsung saja merebus irisan kulit manggis tersebut. Jika air sudah mulai susut dan warna air berubah menjadi kecoklatan saring ramuan tersebut dan siap diminum. Anda dapat menambahkan beberapa tetes madu atau gula untuk menetralisir rasa pahit yang ada pada kulit manggis dan ini tidak akan mengurangi khasiat yang ada didalamnya.
2. Dibuat Teh
Untuk membuat ramuan kulit manggis juga dapat dibuat menjadi teh. Caranya hampir sama dengan membuat wedang kulit manggis. Yang perlu anda lakukan adalah mengiris tipis kulit-kulit manggis tersebut dan menjemurnya dibawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Setelah kulit manggis mengering dan ukurannya menciut, anda dapat menumbuk atau menggiling kulit manggis tersebut hingga menjadi serbuk. Setelah itu simpanlah serbuk kulit manggis dalam wadah tertutup dan kering untuk menjaga kesegarannya. Jika anda ingin menikmatinya, anda hanya perlu menyeduh satu hingga dua sendok teh serbuk kulit manggis tersebut dengan air panas. Anda juga dapat mencampurnya dengan madu karena kita tahu rasa kulit manggis yang pahit.
3. Dibuat Jus
Selain kedua cara diatas, ada cara lain yang lebih praktis dan memakan waktu yang lebih singkat yaitu dengan cara memblender kulit manggis tersebut. Sangat mudah, cuci bersihlah kulit manggis yang anda punya kemudian kerok daging kulitnya saja lalu blender dengan menambahkan air dan gula atau madu. Setelah itu jus manggis diap dinikmati. Untuk menambah kesegarannya anda dapat menambahkan es batu kedalam jus tersebut. Untuk olahan jus manggis sendiri dapat memiliki efek samping muntah-muntah dan diare kalau anda lalai menjaga kebersihan pada saat pengolahannya dan juga meminum terlalu banyak. Untuk itu anda dapat mencobanya dengan meminum sedikit demi sedikit untuk melihat reaksi tubuh yang ditimbulkan karena setiap orang berbeda-beda.
Demikian tadi adalah cara-cara mudah yang dapat anda lakukan untuk mengolah kulit manggis. Sangat praktis dan ekonomis sehingga anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan khasiat dari kulit manggis.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Cara Membuat Ramuan Dari Kulit Manggis


Tips Seputar Cara Membuat Ramuan Dari Kulit Manggis


Shares