August 29th 2016 | Category: Tanaman Obat

Cara menanam tanaman obat asam urat meniran sendiri. Tanaman obat meniran merupakan tumbuhan semak, tetapi mempunyai khasiat dan manfaat untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Bahkan, hampir semua bagian dari tumbuhan ini mempunyai khasiat untuk pengobatan. Manfaat tumbuhan obat meniran yang paling terkenal adalah sebagai obat asam urat. Hampir semua obat herbal asam urat mempunyai meniran sebagai kandungannya. Selengkapnya mengenai manfaat daun meniran sebagai tanaman obat asam urat dapat anda baca melalui artikel tanaman obat asam urat tradisional

Tanaman obat meniran termasuk tanaman berbatang basah. Tanaman obat meniran ini tumbuh di tempat yang banyak batunya dan di padang rumput. Tanaman obat meniran ini tumbuh baik di daerah dengan ketinggian sampai 1000 meter diatas permukaan laut. Dalam artikel cara menanam tanaman obat asam urat meniran ini, kami akan membahas bagaimana cara membudidayakan tumbuhan obat meniran sendiri.

Cara Menanam Tanaman Obat Asam Urat Meniran Cara Menanam Tanaman Obat Asam Urat Meniran

Syarat Tumbuh Tanaman Obat Meniran

Syarat tumbuh dari tanaman obat daun meniran ini adalah:

  1. Tanaman obat meniran dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis.
  2. Tanaman obat daun meniran tumbuh di daerah dataran rendah sampai ke dataran tinggi dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.
  3. Tumbuhan obat meniran dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, terutama tanah berpasir.
  4. Tanaman obat herbal meniran dapat tumbuh pada tempat, contohnya: semak-semak, pekarangan rumah, rerumputan, dll

Persiapan Media Tanam Tanaman Obat Meniran

Persiapan media tanam untuk tumbuhan obat meniran. Persiapkan tanah pada lahan yang akan dicangkul dengan kedalaman 20 cm, bersihkan tanah tersebut dari gulma dan batu-batuan. Buatlah bedengan dengan lebar 1m dan tinggi antara 20-30 cm, panjang bedengan dapat disesuaikan dengan ukuran lahan, jarak antar bedengan kurang lebih 50 cm. Di atas bedengan yang telah disiapkan, diberi pupuk kandang sebanyak satu karung untuk setiap satu meter persegi lahan.

Pemilihan Bibit Tanaman Obat Meniran

Bibit tanaman obat meniran didapat dari biji yang berasal dari tanaman induk yang sudah tua. Biji tumbuhan obat meniran disebarkan di media tanam secara merata. Setelah satu minggu akan muncul tunas, bibit dapat dipindahkan ke polybag berukuran 5x10cm. Pembibitan dengan menggunakan polybag ini dilakukan selama 3 minggu. Setelah itu, bibit tumbuhan obat meniran ini bisa langsung ditanam di lahan yang telah disiapkan.

Cara Menanam Tanaman Obat Asam Urat Meniran

Bibit tumbuhan obat meniran yang telah dipilih dapat langsung ditanam di lahan yang telah disediakan. Jarak tanam yang dianjurkan untuk menanaman tanaman obat meniran adalah 20×20 cm. Bibit harus dipindahkan dengan hati-hati beserta dengan tanah yang menempel pada akarnya. Tanah di sekitar bibit dipadatkan agar pertumbuhannya kokoh, kemudian bibit tanaman meniran harus disiram dengan air secukupnya.

Cara Merawat Tanaman Obat Meniran

Pada awal masa pertumbuhan, tumbuhan herbal meniran harus disiram secara rutin. Tanaman obat meniran juga perlu disiangi agar pertumbuhannya baik. Apabila lahan tanah banyak mengandung humus atau pupuk kandang dan kompos, pemupukan tidak perlu dilakukan. Apabila pertumbuhan tanaman obat meniran ini dinilai kurang baik, maka dapat diberikan pupuk organik.

Pertumbuhan tanaman obat meniran hampir tidak pernah mengalami gangguan akibat serangan hama dan penyakit. Namun, apabila terdapat gangguan hama penyakit, dapat ditanggulangi dengan cara mekanis, yaitu dengan menangkap atau membuang bagian tanaman meniran yang terserang.

Tumbuhan Meniran Di Dalam Pot Gambar Tumbuhan Meniran Di Dalam Pot

Cara Panen Tumbuhan Obat Meniran

Panen tanaman obat meniran dapat dilakukan setelah tumbuhan obat meniran ini berumur 2-3 bulan di atas lahan yang ditanami. Ciri tanaman obat meniran yang telah siap dipanen adalah daun berwarna hijau tua hampir menguning dan buah agak keras jika dipijat. Tanaman herbal meniran dapat dimanfaatkan sebagai obat asam urat selagi segar.

Apabila tidak dimanfaatkan secara langsung, tanaman herbal meniran juga dapat disimpan. Daun meniran dapat dijemur di bawah sinar matahari langsung atau menggunakan oven. Pengeringan dengan sinar matahari dapat dilakukan selama 3-5 hari, tergantung keadaan cuaca. Tanaman obat asam urat meniran yang telah dikeringkan dapat dikemas dalam wadah yang kedap udara.

Cara Penggunaan Daun Meniran Untuk Obat Tradisional

Penggunaan daun meniran sebagai obat asam urat dapat dilakukan dengan merebus daunnya yang masih segar tanpa atau bersama dengan bahan lain dan air. Sairng air rebusan daun meniran dan diminum. Cara lainnya adalah dengan menumbuk tanaman herbal meniran ini. Tumbuk daun meniran segar, lalu peras dan ambil airnya, kemudian diminum. Untuk pemakaian luar, cuci daun herbal meniran segar, lalu giling sampai halus. Bubuhkan tanaman obat meniran ketempat yang sakit kemudian dibalut.

Demikian artikel mengenai cara menanam tanaman obat asam urat meniran. Untuk mengetahui khasiat dari tumbuhan obat daun meniran yang lain, dapat anda baca di artikel Tanaman Obat Meniran dan Khasitanya.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Cara Menanam Tanaman Obat Asam Urat Meniran


Tips Seputar Cara Menanam Tanaman Obat Asam Urat Meniran


Shares