December 28th 2016 | Category: Tanaman Obat

Manfaat Dan Kandungan Sayur Sawi PutihSayuran yang satu ini memang begitu familiar untuk lauk sehari-hari. Siapa sangka ternyata ada berbagai macam kandungan dan khasiat yang ada pada sawi putih. Sayuran ini begitu populer di Korea karena digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan Kimchi yang kita semua ketahui sebagai makanan tersehat di dunia.
Sayuran yang tumbuh subur di dataran tinggi ini sekarang sudah ditingkatkan budidayanya karena permintaan pasar yang melonjak. Karena di Indonesia sendiri penggunaan sawi putih juga lazim ditemukan dalam berbagai masakan seperti capcay, tumis, dan sup. Namun tak ada salahnya jika anda mencoba mengkonsumsinya mentah karena sangat menyehatkan. Nah dibawah ini akan dibahas lebih lanjut apa saja manfaat dan kandungan sayur sawi putih.
Manfaat Dan Kandungan Sayur Sawi Putih
1. Mencegah Kanker
Berbagai macam kandungan dalam sawi putih dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker. Salah satu kandungan tersebut yaitu fruktan yang memiliki peranan dalam pencegahan kanker. Selain itu senyawa pendukung lainnya yang ikut berperan serta adalah polifenol dan fitokimia. Manfaat dari kandungan senyawa polifenol dapat mencegah tubuh dari serangan bakteri dan virus yang berbahaya. Selain itu senyawa ini dapat mencegah radikal bebas dan mengeluarkannya melalui aliran darah.
2. Menyehatkan Jantung
Tidak hanya buah jeruk, ternyata sawi putih juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu terdapat senyawa beta-karoten dan juga vitamin E. kandungan-kandungan tersebut bermanfaat untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung yang diakibatkan oleh kolesterol jahat. Tidak hanya itu kandungan niasin dalam sawi putih memiliki peranan yang cukup berarti dalam menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Maka jika anda ingin memiliki jantung yang sehat, konsumsilah sawi putih secara rutin.
3. Menyehatkan Mata
Tidak hanya wortel saja yang memang terkenal sebagai sumber vitamin A dan dapat menyehatkan mata. Sawi putih juga dapat menyehatkan mata karena memiliki kandungan vitamin A didalamnya. Vitamin A yang ada pada sawi putih dapat mengeluarkan keratin dengansel epitel yang dapat membuat mata anda tetap sehat.
4. Mencegah Cacat Pada Bayi
Sawi putih juga dikenal besar manfaatnya bagi ibu hamil karena kandungan asam folat yang terdapat didalamnya. Asam folat memang memiliki manfaat mencegah cacat pada janin dalam kandungan. Selain itu asam folat dapat meningkatkan produksi hemoglobin yang jika ibu hamil kekurangan hemoglobin dapat menyebabkan anemia.
5. Mencegah Osteoporosis
Penyakit yang satu ini biasanya menyerang kaum manula karena menipisnya kalsium dalam tulang. Namun dengan mengkonsumsi sawi putih ini niscaya anda akan terhindar dari osteoporosis. Kandungan vitamin K yang ada pada sawi putih dapat menjaga kepadatan tulang dalam tubuh. Sebelum anda terserang osteoporosis sebaiknya anda melakukan pencegahan dini dengan banyak mengkonsumsi sayur sawi putih.
Itulah tadi beberapa manfaat yang dapat anda temui dalam sawi putih. Tidak ada salahnya anda mengkonsumsi sawi putih setiap harinya untuk menjaga kesehatan anda tentunya dengan diiringi olahraga teratur.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Manfaat Dan Kandungan Sayur Sawi Putih


Tips Seputar Manfaat Dan Kandungan Sayur Sawi Putih


Shares