January 15th 2017 | Category: Tanaman Obat

Tanaman obat bayam duri adalah tanaman bercabang banyak dengan daun yang halus dan berbulu. Daun dari tanaman obat bayam duri juga terlihat mengkilap sedangkan batangnya memanjang berwarna hijau kecoklatan. Tanaman obat bayam duri banyak kita temui di lingkungan sekitar karena tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah di berbagai jenis lahan. Walaupun tanaman obat bayam duri dapat tumbuh di lahan kering maupun basah, namun tumbuhan ini lebih baik tumbuh pada tanah yang memiliki kelembaban rendah.

Tanaman obat bayam duri dikategorikan sebagai tanaman liar. Tumbuhan herbal ini banyak ditemui di kawasan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Tanaman obat bayam duri kaya akan karbohidrat, protein , vitamin K , folat, riboflavin, vitamin A , vitamin B6 dan vitamin C. Tanaman obat bayam duri ini juga merupakan sumber terbaik dari mangan, zat besi, tembaga, kalsium, magnesium, kalium dan fosfor.

Baca juga artikel terkait Tanaman Obat Bayam Duri Dan Manfaatnya di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Obat, .

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Obat Bayam Duri Manfaat Dan Khasiat Tanaman Obat Bayam Duri

Tanaman Herbal Menjaga Berat Badan

Tanaman obat bayam duri mempunyai banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Tanaman obat bayam duri tinggi akan kadar serat makanan sehingga dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengurangi sembelit. Tanaman herbal ini juga mampu mengobati penyakit pencernaan seperti disentri.

Selain itu, tanaman obat bayam duri dipercaya mampu untuk membantu menjaga berat badan. Protein yang dikandung dalam daun tanaman obat ini membantu mengurangi kadar insulin dalam darah dan melepaskan hormon yang memerintah rasa kenyang.

Tanaman Obat Kolesterol Bayam Duri

Tanaman obat bayam duri juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Kandungan serat yang tinggi, tanaman bayam duri ini efektif dalam mengurangi kadar LDL dalam darah. Kandungan tokotrienol, yaitu sejenis vitamin E, juga dapat membantu dalam aktivitas penurunan kolesterol. Untuk mengetahui jenis-jenis tanaman obat lain yang berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, dapat dibaca melalui artikel tanaman obat kolesterol.

Tanaman obat bayam duri juga digunakan untuk mencegah anemia. Tanaman obat ini kaya akan zat besi. Daun dari tanaman obat ini membantu meningkatkan koagulasi hemoglobin dan jumlah sel darah merah. Daun dari tanaman obat bayam duri merupakan sumber phytosterol yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah, serta mencegah penyakit jantung dan stroke.

Tanaman Obat Berkhasiat Melawan Kanker

Selain itu, tanaman obat bayam duri dapat membantu melawan kanker. Kandungan lisin atau asam amino esensial, vitamin E, zat besi, magnesium, fosfor, kalium serta vitamin C dapat membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas bertanggung jawab atas pembentukan sel-sel kanker ganas. Banyak juga macam-macam tanaman obat yang bermanfaat untuk melawan kanker, selengkapnya dapat dibaca melalui artikel yang telah kami tulis mengenai tanaman obat kanker.

Seperti yang telah dibahas di atas, telah kita ketahui bahwa tanaman herbal bayam duri kaya akan kandungan kalsium. Kandungan kalsium dalam tumbuhan bayam duri dua kali lebih banyak daripada kalsium susu. Oleh karena itu, tanaman obat bayam duri dapat mengurangi resiko osteoporosis dan penyakit kekurangan kalsium lainnya. Atau dengan kata lain, tanaman obat bayam duri sangat baik dikonsumsi oleh orang tua. Apabila kita mengkonsumsi secara teratur tanaman obat bayam duri yang dijus, kita dapat mengurangi kerontokan rambut serta menghambat munculnya rambut beruban dini.

Meminum air rebusan dari tanaman herbal bayam duri dipercaya dapat mengatasi masalah keputihan dan penyakit infeksi alat kelamin lainnya seperti kencing nanah. Air rebusan bayam buduri juga dapat mengobati sakit tenggorokan akibat infeksi atau polusi. Daun dari tanaman obat bayam duri beberapa kali dalam sehari dapat mengatasi masalah sakit gigi.

Namun demikian, perlu diketahui bahwa seperti umumnya Tanaman jenis bayam, tumbuhan obat bayam duri mengandung kadar asam oksalat yang tinggi. Kandungan tinggi tersebut dapat mengakibatkan penghambatan penyerapan kalsium dan seng. Dengan demikian, tanaman obat bayam duri sebaiknya tidak dikonsumsi penderita rematik, asam urat dan penyakit ginjal. Dan ketika kita menyajikan tanaman obat bayam duri yang telah diolah, sebaiknya tidak dipanaskan ulang karena kandungan nitrat dalam daun bisa berubah menjadi nitrit yang berbahaya, khususnya bagi anak-anak.

Demikianlah artikel kami mengenai Tanaman Obat Bayam Duri Dan Manfaatnya. Semoga artikel yang kami tulis dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda mengenai macam-macam tanaman obat keluarga dan manfaatnya. Jangan lupa membaca artikel menarik lainnya mengenai situs budidaya tanaman obat.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Tanaman Obat Bayam Duri Dan Manfaatnya


Tips Seputar Tanaman Obat Bayam Duri Dan Manfaatnya


Shares