January 8th 2017 | Category: Tanaman Obat

Seledri merupakan salah satu tanaman obat keluarga dengan memanfaatkan bagian daun. Seledri seringkali digunakan sebagai bumbu penyedap makanan namun tidak banyak diketahui bahwa seledri juga merupakan salah satu jenis tanaman obat. Seledri kaya akan vitamin C yang artinya seledri dapat membantu menurunkan kolesterol, mencegah kanker, mengelola rasa sakit karena arthritis, membantu mengurangi berat badan, dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Tumbuhan seledri dapat ditemukan di seluruh dunia. Selederi seringkali dikonsumsi sebagai sayuran dan banyak digunakan sebagai resep penyedap kuliner turun-menurun.

Tanaman obat keluarga seledri berasal dari benua Afrika tepatnya Afrika bagian utara. Karena kegunaan dan manfaatnya secara global dan digunakan hampir pada setiap masakan di Asia, Eropa, Amerika dan Australia. Tanaman herbal selederi umumnya ditemukan di dalam sup dan salad atau bahkan sebagai garnish untuk hidangan tertentu. Bahkan, di negara Eropa dan Amerika, seledri juga dimakan sebagai cemilan karena sifatnya yang dapat mengenyangkan perut namun tidak menggemukkan badan. Tumbuhan obat seledri mengandung mineral seperti kalsium, natrium, tembaga, magnesium, besi dan kalium. Tanaman herbal seledri ini juga mengandung asam lemak dan vitamin termasuk vitamin A, C, E, D, B6, B12 dan vitamin K. Juga kaya akan kandungan thiamin, riboflavin, asam folat dan serat.

Baca juga artikel terkait Tanaman Obat Keluarga Seledri Dan Manfaatnya di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Obat, .

Tanaman Herbal Seledri Dan Khasiatnya Tanaman Herbal Seledri Dan Khasiatnya

Tanaman Obat Keluarga Dan Manfaatnya

Seledri mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat tanaman obat keluarga yang paling penting adalah sebagai tanaman obat asam urat, tanaman obat diabetes dan tanaman obat kanker. Selain itu tanaman obat keluarga seledri juga mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol, sebagai antiseptik, meringankan Arthritis, mencegah kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi gejala asma, kesehatan jantung, diuretik, meringankan migrain, mengatasi diabetes, mencegah penyakit mata dan menurunkan berat badan.

Tanaman Obat Penyakit Jantung

Tanaman obat seledri mengandung pthalides, yaitu senyawa kimia organik yang dapat membantu menurunkan hormon stres dalam darah. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan dalam pembuluh darah sehingga Oksigen dapat mengalir dengan baik. Oleh karena itu, mengkonsumsi tanaman obat seledri dapat mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung, stroke dan aterosklerosis.

Tanaman seledri juga kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi secara teratur, tanaman obat seledri membantu menghindarkan diri kita dari serangan batuk, pilek, flu dan penyakit lainnya. Pada dasarnya vitamin C mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Selain itu, tanaman obat seledri juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi keparahan kondisi peradangan seperti asma. Tidak hanya vitamin C yang dikandung oleh seledri, serat dan bahan kimia organik yang terkandung pada akar tanaman obat seledri juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Tanaman Obat Kolesterol

Mengkonsumsi jenis tanaman obat seledri setiap hari juga dapat mengurangi penyumbatan Arteri kolesterol (LDL/kolesterol jahat). Pthalides dalam tanaman herbal seledri juga dapat merangsang sekresi cairan empedu, yang bekerja untuk mengurangi kadar kolesterol. Serat yang terdapat pada tanaman seledri dapat mengikis kolestrol dari aliran darah dan membuangnya keluar dari tubuh.

Tanaman Obat Penyakit Ginjal

Biji dari tanaman obat seledri bekerja sebagai antiseptik alami dengan sifat diuretiknya. Artinya, biji tanaman obat seledri merangsang buang air kecil. Oleh karena itu, tanaman obat seledri baik dikonsumsi oleh penderita gangguan kandung kemih, masalah ginjal dan kondisi serupa lainnya. Biji seledri ini juga dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih pada wanita.

Tanaman Obat Asam Urat Dan Kanker

Batang Seledri Sebagai Tanaman Obat Asam Urat Batang Seledri Sebagai Tanaman Obat Asam Urat

Tanaman obat seledri sangat bagus dikonsumsi oleh penderita arthritis, penderita rematik dan penderita asam urat. Sifat antiinflamasi yang dikandung tanaman obat seledri membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri di sekitar sendi. Batang dari tanaman obat seledri juga bertindak sebagai zat diuretik sehingga membantu menghilangkan kristal asam urat yang menumpuk di sekitar sendi. Tanaman herbal seledri juga dapat meningkatkan pertumbuhan kembali jaringan pada sendi yang meradang. Tanaman obat seledri mengandung pthalides, flavonoid dan polycetylenes. Ketiganya merupakan komponen detoksifikasi karsinogen yang mampu membantu melawan kanker. Tanaman seledri juga mengandung coumarin yang meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih tertentu, secara efektif dapat mencegah kanker.

Tanaman Obat Diabetes

Disamping itu, tanaman obat keluarga seledri kaya akan natrium dan kalium. Natrium dan kalium adalah dua mineral yang dapat membantu untuk mengatur Keseimbangan cairan di dalam tubuh. Kalium juga dapat bertindak sebagai vasodilator, yaitu dapat membantu mengurangi tekanan darah. Kandungan coumarin dapat meringankan migrain atau sakit kepala sebelah. Mengkonsumsi daun seledri secara rutin dapat membantu mengobati diabetes. Hal ini dikarenakan tanaman obat seledri tinggi akan serat. Makanan kaya akan serat terbukti dapat membantu mengendalikan gejala diabetes. Itu mengapa seledri digolongkan menjadi salah satu tanaman obat diabetes.

Tanaman Obat Keluarga Untuk Mata

Sari dari tanaman herbal seledri dapat membantu mencegah penyakit mata. Meneteskan sari seledri pada kelopak mata dapat membantu memperbaiki kondisi oftalmologi tertentu. dengan begitu, kesehatan mata dapat dijaga, serta dapat mencegah katarak dan melindungi mata dari penurunan kemampuan visual.

Jus Seledri Berkhasiat Sebagai Tanaman Obat Jus Seledri Berkhasiat Sebagai Tanaman Obat

Manfaat dari tanaman obat keluarga seledri yang lain adalah untuk menjaga berat badan. Jus seledri yang diminum secara rutin dan teratur sebelum makan dapat membantu mengurangi berat badan. Hal ini terjadi karena tanaman obat seledri sangat rendah kalori, tetapi dapat mengenyangkan perut karena kandungan seratnya yang tinggi. Oleh karenanya, tanaman obat seledri banyak digunakan untuk remaja yang melakukan diet karena dapat membantu mengurangi rasa lapar dan menahan kecenderungan makan berlebih.

Yang perlu diperhatikan dari mengkonsumsi tanaman obat keluarga seledri adalah bahwa biji seledri mengandung minyak atsiri, flavonoid, coumarin dan asal linoleat. Oleh karenanya, sebaiknya tanaman obat seledri tidak dikonsumsi oleh wanita hamil karena dapat menyebabkan kontraksi pada rahim.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Tanaman Obat Keluarga Seledri Dan Manfaatnya


Tips Seputar Tanaman Obat Keluarga Seledri Dan Manfaatnya


Shares