November 12th 2016 | Category: Tanaman Obat

Tanaman obat kumis kucing adalah tanaman obat diabetes dan tanaman obat asam urat alami. Selain itu, tanaman obat kumis kucing juga mempunyai manfaat sebagai tanaman obat untuk mengobati penyakit ginjal. Bentuk benang sari yang seperti kumis kucing dan berwarna keunguan ini menambah cantiknya rupa dari tanaman kumis kucing ini, sehingga banyak orang yang menggunakannya sebagai tanaman hias. Di dalam artikel manfaat tanaman obat kumis kucing ini kita akan membahas mengenai khasiat tanaman obat ini bagi penyakit ginjal dan diabetes. Untuk pembahasan mengenai tanaman obat kumis kucing sebagai tanaman obat asam urat dapat dibaca selengkapnya di artikel tanaman obat asam urat kumis kucing ini.

Tumbuhan Obat Obatan Kumis Kucing Beserta Fungsinya Tumbuhan Obat Obatan Kumis Kucing Beserta Fungsinya

Baca juga artikel terkait Tanaman Obat Kumis Kucing Dan Manfaatnya di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Obat, .

Tanaman Obat Penyakit Ginjal

Tanaman kumis kucing adalah salah satu jenis tanaman obat penyakit ginjal. Manfaat kesehatan dari tumbuhan kumis kucing ini adalah memperlancar pengeluaran kemih. Sifat diuretik tumbuhan obat kumis kucing ini dapat membantu memperlancar buang air kecil. Kumis kucing ini dapat mengatasi infeksi pada saluran kemih. Biasanya infeksi saluran kemih terjadi pada saluran ginjal dan kandung kemih. Hal ini disebabkan oleh bakteri escherichia coli yang biasanya ditemukan pada kotoran dan usus manusia. Bila tidak segera diatasi, infeksi saluran kemih dapat mengakibatkan penyakit batu ginjal. Rebusan daun kumis kucing yang diminum secara teratur dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Selain itu tanaman obat kumis kucing juga dapat membantu mengobati batu ginjal. Penyakit batu ginjal juga menyerang saluran kemih yang biasanya dikenal sebagai kencing batu. Penyakit batu ginjal adalah gangguan pada saluran kemih yang berupa infeksi, obstruksi, rasa sakit dan metaplasia. Batu ginjal sendiri merupakan sesuatu yang keras seperti batu yang terdapat pada saluran kemih. Batu dalam saluran kemih ini menyebabkan rasa nyeri, pendarahan, penyumbatan aliran kemih dan infeksi.

Tanaman herbal kumis kucing juga dapat mengobati sipilis. Sipilis adalah suatu penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri spirochaeta palida atau treponema pallidum. Penyakit ini seringkali menular melalui hubungan seksual. Ramuan tumbuhan obat daun kumis kucing membantu membunuh bakteri-bakteri tersebut dan meningkatkan kekebalan tubuh penderita.

Tanaman Obat Rematik

Tanaman obat herbal kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat rematik. Jenis tanaman obat herbal kumis kucing ini dapat membantu mengurangi rasa sakit nyeri dan peradangan pada persendian yang disebabkan oleh rematik. Selain itu tanaman kumis kucing juga membantu memelihara fungsi persendian agar tetap dalam keadaan baik. Rematik dapat disebabkan oleh faktor genetik, perubahan hormon dan infeksi. Meminum air rebusan daun kumis kucing dan daun meniran dapat mengurangi nyeri karena rematik.

Manfaat lain dari tanaman obat keluarga kumis kucing mengatasi keputihan. Pada dasarnya, keputihan adalah hal yang umum dialami wanita. Biasanya terjadi pada masa subur ataupun sebelum dan sesudah menstruasi. Namun, terkadang wanita mengalami keputihan yang disebabkan oleh jamur. Biasanya gangguan ini diikuti dengan rasa panas, data dan bau tak sedap di area vagina. Rebusan tanaman obat seperti daun beluntas, jinten hitam, biji Kemukus dicampur dengan daun kumis kucing dapat diminum secara rutin hingga keputihan tersebut berangsur-angsur hilang.

Macam Macam Manfaat Tanaman Obat Tradisional Kumis Kucing Macam Macam Manfaat Tanaman Obat Tradisional Kumis Kucing

Tanaman Obat Keluarga Dan Manfaatnya

Manfaat tanaman obat kumis kucing bagi keluarga salah satunya dapat membantu mengatasi masalah masuk angin. Pada dasarnya masuk angin adalah gejala penurunan kondisi tubuh akibat kelelahan, kurang tidur, terlambat makan, kedinginan dan cuaca ekstrim. Terkadang masuk angin diikuti dengan diare, sesak nafas, sakit pada persendian dan demam.

Tanaman obat herbal kumis kucing dipercaya dapat menyembuhkan batuk. Penyebab batuk antara lain virus, Debu atau alergi pada selaput lendir. Biasanya Penyakit ini ditandai dengan rasa gatal di tenggorokan kadang juga diikuti dengan demam. Lulusan tanaman herbal daun kumis kucing yang diminum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Selain itu, tumbuhan obat kumis kucing juga dapat mengobati sembelit. Sembelit merupakan suatu gangguan pencernaan dimana terjadi pengerasan tinja yang mengakibatkan sulitnya buang air besar. Penyebabnya antara lain, kurangnya konsumsi makanan berserat, kebiasaan buang air besar yang tidak teratur, perubahan hormon dan buruknya pola makan. Untuk mengatasinya, kita dapat menggunakan beberapa lembar daun kumis kucing yang direbus dan kemudian diminum airnya.

Manfaat tanaman obat kumis kucing bagi keluarga terutama anak adalah menghilangkan gatal akibat alergi. Alergi terjadi karena kekebalan tubuh menjadi hipersensitif terhadap substansi tertentu. Ramuan herbal tanaman kumis kucing dapat membantu meredakan rasa gatal akibat alergi.

Tanaman Obat Diabetes

Kumis kucing juga dikenal sebagai tanaman obat diabetes. Tanaman obat kumis kucing membantu menurunkan kadar gula darah secara perlahan. Kadar gula darah yang tinggi serta kegagalan organ hati dan pankreas memproduksi insulin pengendali kadar gula adalah penyebab seseorang menderita diabetes. Meminum rebusan daun tanaman herbal kumis kucing dipercaya dapat membantu mengobati diabetes.

Tanaman Obat Herbal Hipertensi

Selain itu daun kumis kucing juga dapat mengobati hipertensi secara alami. Hipertensi adalah kondisi dimana aliran darah dalam tubuh menekan Arteri dengan sangat kuat. Semakin banyak darah yang dipompa ke jantung dan arteri, semakin meningkat tekanan darah dalam tubuh. Daun kumis kucing berkhasiat untuk menormalkan kembali tekanan darah yang meningkat.

Demikian artikel tanaman obat kumis kucing dan manfaatnya bagi keluarga. Semoga dapat membantu anda untuk memahami dan menambah pengetahuan mengenai manfaat tanaman obat keluarga. Apabila anda ingin mempelajari lebih jauh mengenai tanaman obat keluarga, anda dapat membaca artikel mengenai jenis tanaman obat lainnya di artikel 12 jenis dan manfaat tanaman obat.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Tanaman Obat Kumis Kucing Dan Manfaatnya


Tips Seputar Tanaman Obat Kumis Kucing Dan Manfaatnya


Shares