September 27th 2016 | Category: Tanaman Obat

Tanaman obat meniran merupakan tanaman obat tradisonal dan khasiatnya untuk asam urat dan diabetes tidak bisa dipungkiri lagi. Tanaman herbal ini berasal dari Asia dan menyebar ke banyak daratan benua Amerika dan Australia. Tanaman obat meniran ini merupakan tumbuhan liar yang mudah dijumpai di perkarangan rumah atau pun tepi sungai. Pada artikel tanaman obat dan manfaat nya ini akan kita bahas mengenai manfaat tanaman obat meniran bagi keluarga dan manfaat nya sebagai obat.

Tanaman Obat Keluarga Dan Manfaatnya

Gambar Tanaman Toga Meniran Dan Manfaatnya Gambar Tanaman Toga Meniran Dan Manfaatnya

Baca juga artikel terkait Tanaman Obat Tradisional Meniran Dan Khasiatnya di: Dan kumpulan artikel lainnya mengenai Tanaman Obat, .

Manfaat tanaman meniran sebagai obat tradisonal untuk keluarga salah satunya adalah untuk melawan bakteri. Ekstrak metanol pada daun tanaman obat meniran mempunyai sifat antibakteri dan mampu melawan bakteri Staphylococcus aureus, bacillus subtilis, escherichia coli dan pseudomonas aeruginosa. Selain itu, ekstrak petroleum eter dari batang dan akar tanaman obat meniran juga mempunyai efek anti jamur.

Tanaman obat meniran juga dapat berkhasiat untuk menyembuhkan batu ginjal dan asam urat. Senyawa yang dikandung tanaman obat meniran dapat berikatan dengan senyawa lainnya yang berfungsi untuk memperlancar gangguan di ginjal. Selengkapnya dapat dibaca melalui artikel meniran sebagai tanaman obat asam urat tradisonal.

Penelitian mengenai tanaman herbal meniran juga mengungkapkan bahwa tanaman meniran memiliki aktivitas imunomodulator. Imunomodulator adalah senyawa yang membuat sistem sistem dalam tubuh lebih aktif menjalankan tugasnya termasuk sistem kekebalan tubuh. Yang tentunya peningkatkan kekebalan tubuh juga memberikan efek pada daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan bakteri dan virus. Melalui sistem kekebalan tubuh yang kuat maka tubuh akan luput dari serangan bakteri virus dan mikroba lainnya. Ketika sistem imun di dalam tubuh bekerja berlebihan tanaman obat meniran akan membantu mengendalikannya. Namun sebaliknya ketika kinerja sistem imun menurun maka senyawa flavonoid yang terkandung di dalam tumbuhan obat meniran akan membantu meningkatkan kinerja nya lagi melalui pengiriman sinyal kepada reseptor sel.

Tumbuhan Obat Diabetes Dan Kanker

Fungsi lain dari tumbuhan obat meniran adalah untuk menghancurkan sel kanker. tanaman obat meniran sebagai imunostimulator membantu merangsang aktivitas sel pembunuh alami. Sel pembunuh alami ini akan menghancurkan sel kanker yang mulai tumbuh sehingga tidak memiliki peluang untuk berkembang dan menyebar.

Gambar Tanaman Obat Meniran Dan Khasiatnya Untuk Diabetes Gambar Tanaman Obat Meniran Dan Khasiatnya Untuk Diabetes

Meniran juga termasuk tanaman obat diabetes. Tanaman obat meniran ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Senyawa phyllanthin dan hypophyllanthin merupakan komponen utama yang berperan aktif dalam menurunkan kadar gula darah. Dengan kata lain tumbuhan obat meniran dapat digunakan untuk mencegah resiko diabetes.

Tanaman obat meniran juga dapat membantu menyembuhkan penyakit hepatitis B. Tumbuhan herbal meniran ini berfungsi sebagai pelindung organ hati karena mengandung senyawa anti hepatotoksik. Daun meniran dapat membantu penderita hepatitis kronis melalui ekstrak tanaman obat ini. Ekstrak dari tanaman obat tradisional meniran mendorong mekanisme perbaikan sel-sel hati dengan cara meningkatkan jumlah enzim yang berperan sebagai antioksidan.

Jenis tanaman obat meniran ini juga merupakan tanaman obat keluarga karena dapat membantu menyembuhkan TBC. Tanaman meniran membantu menyembuhkan penyakit TBC dengan cara meningkatkan kadar imunitas penderita. Senyawa dalam daun meniran bekerja membunuh bakteri tahan asam yang menjadi salah satu indikator TBC.

Tanaman obat meniran juga berkhasiat untuk mengobati penyakit lepra. Ekstrak dari tumbuhan meniran bekerja dengan efektif mematikan bakteri mycobacterium leprae. Bakteri tersebut pada umumnya menyerang kulit dan susunan saraf tepi sehingga penderita tidak dapat merasakan rangsangan dari luar. Umumnya penderita lepra akan diobati dengan memberikan antibiotik. Sayangnya penggunaan antibiotik dalam jangka panjang dapat menyebabkan efek samping berupa ruam kulit, anemia dan kerusakan hati.

Tanaman obat meniran tidak dianjurkan digunakan oleh wanita hamil dan penderita gangguan ginjal akut. Penggunaan ramuan tradisional tanaman herbal meniran dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan efek samping disfungsi ereksi, keguguran dan gagal ginjal.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Tanaman Obat Tradisional Meniran Dan Khasiatnya


Tips Seputar Tanaman Obat Tradisional Meniran Dan Khasiatnya


Shares