April 29th 2017 | Category: Tanaman Sayuran

Manfaat Kesehatan Dibalik Pahitnya Sayur Pare – Sayur yang digemari oleh banyak orang karena rasa pahitnya ini memang biasa dikonsumsi di Indonesia sebagai makanan pendamping. Rasanya yang sangat pahit justru membuat orang menyukai sayur ini. Ternyata dibalik pahitnya sayur pare terdapat banyak kandungan yang begitu manis untuk kesehatan.
Oleh karena itu tidak ada salahnya anda sering-sering mengkonsumsi sayur ini. Olahan pare saat ini begitu beragam untuk menarik para penikmatnya. Ada yang mencampur pare untuk siomay dan juga membuat keripik pare. Semua itu dilakukan untuk menambah kelezatan dalam mengkonsumsi pare. Nah selain lezat untuk dkonsumsi, berikut ini adalah manfaat-manfaat yang dapat ditemukan dalam pare.
Manfaat Kesehatan Dibalik Pahitnya Sayur Pare
1. Menyehatkan Liver
Pare tidak hanya enak untuk dikonsumsi tetapi memiliki manfaat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Pare akan menghilangkan lemak dan racun dari dalam liver sehingga membuat liver tetap sehat. Jika liver sehat tentu akan berimbas pada terjaganya sistem kekebalan tubuh.
2. Mengontrol Gula Darah
Charntine adalah senyawa insulin dan alkaloids yang terkandung dalam pare yang sangat bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Dengan adanya senyawa tersebut dalam pare maka kadar gula dalam darah dapat turun. Mengkonsumsi pare sangat dianjurkan untuk penderita diabetes agar terhindar dari diabetes tipe 2.
3. Membersihkan Darah
Manfaat pare selanjutnya yaitu perannya dalam membersihkan darah. Pernahkah anda bertanya-tanya kenapa pare itu sangat pahit? Hal ini disebabkan oleh senyawa bernama cucurbitacins yang bermanfaat untuk membersihkan darah. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara membuat jus pare dan meminumnya secara rutin dipagi hari saat perut masih kosong. Jika hal ini rutin anda lakukan, anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh darah kotor termasuk gatal-gatal dikulit.
4. Mengobati Asma
Pare juga sangat bermanfaat bagi penderita asma karena menurut sebuah penelitian dengan mengkonsumsi makanan pahit dapat merangsang indera pengecap yang ada pada saluran pernapasan. Jika ini terjadi maka saluran pencernaan menjadi lebar sehingga aliran udara dapat masuk dengan baik. Maka bagi anda penderita asma, konsumsilah pare sehari-hari untuk mencegah kambuhnya asma anda.
5. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker Pankreas
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa didalam pare terdapat senyawa yang memiliki fungsi untuk memblokir glukosa menjadi energi dalam pankreas. Jika ini terus terjadi maka sel kanker tidak akan memiliki energi yang dibutuhkannya untuk berkembang.
6. Melancarkan ASI
Pare juga memiliki peranan penting untuk membuat konsistensi ASI menjadi kental yang membuat bayi menjadi lebih tenang. Bagi anda para ibu menyusui, anda dapat mengkonsumsinya setiap pagi atau malam hari dalam bentuk jus untuk mendapatkan manfaatnya. Jika anda tidak tahan dengan rasa pahit pare anda dapat menambahkan melon pada jus buatan anda. Selain jus anda juga dapat mengolah pare sebagai lauk makan anda dengan cara ditumis. Namun sebaiknya anda tidak terlalu matang dalam mengolah pare agar kandungan didalamnya tidak berkurang dan rusak.
Nah itulah tadi manfaat yang terkandung dalam si pahit pare. Jika anda tidak suka dengan rasa pahit pare anda dapat mengolahnya menjadi berbagai jenis masakan sesuai dengan kreatifitas anda.

Artikel Terkait Manfaat Kesehatan Dibalik Pahitnya Sayur Pare


Tips Seputar Manfaat Kesehatan Dibalik Pahitnya Sayur Pare


Shares