April 23rd 2017 | Category: Tanaman Sayuran

Manfaat Sayur Brokoli Hijau Untuk TubuhSayuran yang satu ini memang sangat terkenal dikalangan pejuang diet karena manfaat yang dimilikinya segudang bagi tubuh kita ini. Malah brokoli ini terkenal dengan sebutannya sebagai super food yang ditilik dari berbagai macam nutrisi yang dikandungnya. Sayuran ini juga sangat mudah anda jumpai di pasaran dengan harga yang terjangkau sehingga apabila anda ingin menambahkannya dimenu harian anda, anda akan mudah mendapatkannya.
Untuk mendapatkan khasiat yang luar biasa, sayuran yang mirip kembang kol ini biasanya dibuat tumis ataupun sop. Namun sekarang ini mengkonsumsi brokoli dengan cara dijus juga sangat populer karena brokoli tidak perlu dimasak sehingga kandungan didalamnya tidak akan berkurang. Berikut ini beberapa manfaat sayur brokoli yang dapat anda ketahui.
Manfaat Sayur Brokoli Hijau Untuk Tubuh
1. Menurunkan Berat Badan
Seperti yang telah kami sebutkan diatas, brokoli ini memang menjadi primadona bagi mereka yang sedang melakukan diet terutama diet menurunkan berat badan. Ini dikarenakan kandungan serat yang begitu tinggi membuat anda merasakan kenyang lebih lama jika mengkonsumsinya. Brokoli juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang kaya, juga memiliki kandungan lemak serta kalori yang rendah. Ada baiknya jika anda mengkonsumsinya untuk menu diet anda olahlah brokoli dengan cara direbus dengan sedikit garam dan merica saja. Itu akan sangat baik lagi rasanya juga cukup enak.
2. Kesehatan Kulit
Senyawa glucoraphanin yang terdapat dalam brokoli sangat baik untuk kulit karena dapat melindungi dan membantu regenerasi kulit yang rusak akibat sinar matahari serta proses penuaan. Mengkonsumsi brokoli juga sangat baik untuk detoksifikasi kulit dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak sehingga kulit menjadi sehat dan bercahaya. Kandungan-kandungan nutrisi yang terdapat pada brokoli seperti vitamin B, Beta-karoten, vitamin E, serta vitamin C memang dikenal sangat baik untuk kesehatan kulit.
3. Menjaga Kesehatan Mata
Sayuran yang satu ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin A dan lutein yang terkandung didalamnya. Kandungan lutein memang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit mata seperti makula dan katarak. Sementara itu vitamin A terkenal sangat baik untuk menjaga kesehatan retina.
4. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Tanaman hijau satu ini memang kaya sekali manfaat terutama untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Gaya hidup yang sehat dan juga olahraga yang teratur serta rajin mengkonsumis brokoli membuat anda terbebas dari serangan penyakit mematikan ini. Jadi tunggu apalagi, segera konsumsi brokoli si sayuran super ini.
5. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi
Selain beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam brokoli yang telah disebutkan diatas tadi, ternyata brokoli juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Yang telah kita semua ketahui bahwa kalsium sangat berperan penting untuk menjaga kekuatan tulan dan gigi. Anda dapat juga mengkonsumsi brokoli diimbangi dengan susu atau bagi anda yang alergi dengan susu dapat mengkonsumsi brokoli sebagai asupan kalsium dalam tubuh anda.
Sekian pembahasan dari manfaat yang dapat anda rasakan dengan mengkonsumsi brokoli. Mulailah hidup sehat dari sekarang.

Artikel Terkait Manfaat Sayur Brokoli Hijau Untuk Tubuh


Tips Seputar Manfaat Sayur Brokoli Hijau Untuk Tubuh


Shares