November 29th 2016 | Category: Tanaman Sayuran

Manfaat Sayur Kol Dan Kandungan DidalamnyaTanaman yang memiliki nama latin Brassica oleracea ini memiliki manfaat yang begitu banyak bagi tubuh kita. Tanaman yang dipercaya sebagai tanaman sayur tertua yang terdapat di Asia dan Mediterania ini memang banyak sekali dibudidayakan karena cocok pada iklim tropis dan semi tropis. Pemanfaatan tanaman ini biasanya dicampurkan dalam berbagai macam hidangan seperti sayur sop, asinan, dan juga sebagai campuran sayur pada bakwan.
Hampir 15 % serat dapat disediakan oleh kol sebagai asupan makanan harian tubuh kita. Serat dikenal sangat baik untuk mengoptimalkan fungsi pencernaan agar dapat berjalan dengan baik. Tentu dengan mengetahui kandungan-kandungan dalam kol yang sangat baik bagi kesehatan membuat anda mulai memasukkan kol dalam menu lauk harian anda. Berikut ini beberapa manfaat kol yang harus anda ketahui untuk mendapatkan tubuh yang sehat.
Manfaat Sayur Kol Dan Kandungan Didalamnya
1. Mengatasi Penyakit Tukak Lambung
Radang perut atau tukak lambung dapat diatasi dengan mengkonsumsi kol karena kandungan glutamin yang terdapat didalamnya sangat tinggi. Anda dapat membuat jus kubis segar tanpa harus memasaknya terlebih dahulu untuk mengobati radang perut yang anda alami. Atau anda dapat mengkonsumsinya sebagai lalapan saja.
2. Pencegahan Penyakit Alzheimer
Penelitian yang baru-baru ini dilakukan menyebutkan bahwa kol merah dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin K, antosianin, dan antioksidan yang terdapat didalam kubis merah dapat mengurangi timbulnya plak pada otak. Rutinlah konsumsi kol merah agar anda dapat terhindar dari Alzheimer.
3. Menurunkan Berat Badan
Sayuran yang satu ini juga dapat anda gunakan jika anda sedang melakukan diet penurunan berat badan. Itu karena kandungan kalori yang terdapat pada kol sangat rendah yaitu 33 kalori dalam satu cup kubis yang sudah dimasak. Oleh sebab itu apabila anda sedang diet, anda tidak perlu takut mengkonsumsi kol dalam jumlah banyak karena tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan.
4. Meringankan Nyeri Otot
Kol mengandung asam laktat yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada otot. Untuk mendapatkan manfaat ini sebaiknya anda tidak memasak kubis terlalu matang karena kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya akan sulit dicerna oleh tubuh. Namun akan lebih maksimal jika anda mengkonsumsinya dalam keadaan mentah. Masukkan irisan kol dalam menu makanan anda, atau anda dapat membuat salad dari irisan kol.
5. Mencegah Sembelit
Tidak kalah dengan sayuran lain, kol juga memiliki kandungan serat yang tinggi dimana sangat baik untuk kesehatan pencernaan anda sehingga mencegah terjadinya sembelit. Konsumsilah kol setiap harinya agar proses digestifikasi anda lancar. Berusahalah sebisa mungkin untuk mengkonsumsinya dalam keadaan mentah untuk dapat mengambil keseluruhan manfaat yang terkandung didalamnya.
Kol adalah sayuran ekonomis yang memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh anda. Dengan mengkonsumsi kol anda dapat terhindar dari berbagai macam penyekit seperti kanker, pencernaan, Alzheimer, dan juga membantu dalam proses penurunan berat badan.

Pencarian Seputar Artikel Budidaya Tanaman

Artikel Terkait Manfaat Sayur Kol Dan Kandungan Didalamnya


Tips Seputar Manfaat Sayur Kol Dan Kandungan Didalamnya


Shares