Tanaman Dalam PotTanaman Hias

Cara Menanam dan Manfaat Tanaman Lidah Mertua

TANAMANCANTIK.COM – Cara Menanam dan Manfaat Tanaman Lidah Mertua Salah satu tanaman hias yang sangat bagus Anda pelihara dan bisa ditanam melalui pot yaitu lidah mertua, dimana tanaman ini menjadi salah satu tanaman yang bukan hanya akan memberikan keindahan tersendiri bagi rumah anda, akan tetapi tanaman ini pun mempunyai segudang manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Tanaman hias lidah mertua mempunyai nama latin bernama sansevieria dimana tanaman hias ini sangat populer di Indonesia dan banyak digunakan sebagai ornamen di dalam ruangan.

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk menanam tanaman lidah mertua dan ingin mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan maka melalui artikel kali ini, kami akan membahas bagaimana cara menanam dan mengambil manfaat dari tanaman lidah mertua tersebut. Pasalnya, tanaman hias ini bukan hanya akan memberikan keindahan tersendiri untuk ruangan anda akan tetapi mempunyai segudang manfaat yang bisa digunakan oleh manusia.

Mengenal lidah mertua

Lidah mertua atau sansevieria mempunyai fisik dalam bentuk daun yang memanjang, selanjutnya mempunyai warna hijau dan mempunyai bintik putih di atasnya, sehingga menjadikan keunikan tersendiri tanaman tersebut.

Lidah mertua Inipun cukup populer di Indonesia malahan sering didagangkan oleh para penjual bunga dan bunga ini pun kerap disebut sebagai bunga pedang dikarenakan mempunyai bentuk yang runcing dan panjang mirip dengan sebuah pedang dan uniknya bunga ini mempunyai daun yang bisa memanjang sampai 75 cm sehingga akan terlihat mirip dengan pedang.

Lidah mertua mempunyai banyak pola daun akan tetapi yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia sendiri yaitu yang mempunyai daun berwarna hijau dengan Rona warna putih dan warna kuning dengan Rona berwarna hijau kebiruan.

Tanaman ini pun menjadi salah satu tanaman yang bisa dilihat di berbagai negara yang mempunyai iklim tropis seperti salah satunya di Indonesia, amerika, jepang, dan beberapa negara di Eropa.

Gambar Lidah Mertua

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang gambar atau foto tanaman hias lidah mertua, makna dari berbagai sumber bisa Anda lihat di bawah ini.

Cara menanam lidah mertua

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk menanam lidah buaya ini maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Silakan Anda mempersiapkan pot
  • Selanjutnya Anda mempersiapkan media tanam seperti tanah yang dicampur dengan sedikit pupuk lalu dimasukkan ke dalam pot tersebut
  • Selanjutnya masukkan tanaman lidah mertua
  • Apabila Anda ingin menanam dengan sukses silakan melakukan penyiraman tanaman setiap hari dan tanaman ini pun menjadi salah satu tanaman yang tahan dengan sedikit paparan sinar matahari karena termasuk tanaman hias.
BACA JUGA:  Harga Tanaman Hias Pink Climbing Rose Terbaru 2019

Manfaat tanaman lidah mertua

Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika membudidayakan atau memelihara tanaman lidah mertua diantaranya adalah sebagai berikut:

Menyerap polusi udara

Di dalam sebuah penelitian ternyata tanaman lidah mertua ini menjadi salah satu tanaman yang sangat ampuh untuk menyerap polusi udara sehingga kondisi udara yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda bisa lebih bersih dan juga sejuk malahan kabarnya dalam penelitian tersebut, lidah mertua bisa menyerap sampai 107 jenis Polusi yang ada di udara seperti salah satunya benzen, karbondiokasid, sampai jenis Polusi yang lain.

Bisa menetralisir udara di dalam ruangan

Ternyata selain berfungsi untuk menyerap polusi udara yang berada diluar ruangan akan tetapi lidah mertua ini pun bisa bermanfaat untuk menetralisir udara yang ada di dalam ruangan sehingga seluruh kotoran yang ada di dalam rumah bisa terserap oleh tanaman hias ini.

Bisa menyerap bau yang tidak sedap

Manfaat ketiga dari tanaman hias lidah mertua ya itu bisa menyerap bau yang tidak sedap malahan di negara Jepang, tanaman ini biasa dipakai untuk penetrasi bau yang tidak sedap di dalam ruangan sehingga banyak ditempatkan di berbagai sudut ruangan yang menjadi sumber bau.

Obat kulit

Konon dari dahulu kala sampai sekarang, lidah mertua ini mempunyai khasiat yang sangat mujarab salah satunya bisa mengobati obat kulit seperti eksim, bengkak, dan luka.

Malahan di negara Afrika sendiri lidah mertua biasa dipakai sebagai penawar racun dari gigitan binatang berbisa seperti ular dan lainnya.

Sebagai obat herbal

Lidah mertua ini pun banyak digunakan oleh para peracik obat untuk obat herbal, karena ternyata terbukti bisa mengobati beberapa jenis penyakit diantaranya penyakit sakit kepala, sakit gigi, sampai flu. Malahan untuk getahnya sendiri, lidah mertua mempunyai manfaat bisa dipakai sebagai antiseptik.

Tanaman Cantik

Portal Berita dan Informasi mengenai seluruh tanaman cantik, bibit unggul, cara budidaya, dan harga terbaru tanaman hias di Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close