Bunga HiasPerawatan Tanaman

Manfaat dan Cara Merawat Bunga Asoka

TANAMANCANTIK.COM – Manfaat dan Cara Merawat Bunga Asoka Salah satu bunga yang memang kurang populer di Indonesia adalah bunga asoka akan tetapi bunga ini ternyata tidak kalah dengan beberapa bunga yang lain yang sudah terkenal di berbagai wilayah di Indonesia. Bunga asoka merupakan salah satu bunga hias yang bisa anda tanam di pot ataupun di luar rumah dan bunga ini pun ternyata mempunyai banyak sekali manfaat untuk manusia yang bisa diracik dan dijadikan sebagai herbal alami.

Bunga Asoka memang banyak sekali digunakan sebagai bunga hias yang mempunyai karakteristik yang sangat unik, seperti salah satunya untuk ukuran bunga yang berbentuk kecil dan juga runcing dan biasanya bunga ini tumbuh berkelompok dan mempunyai bunga berwarna cerah kuning kemerahan. Bunga ini pun menjadi salah satu bunga hias yang bisa ditanam di taman atau halaman rumah, ataupun anda bisa menanamnya di dalam pot yang pastinya bisa membuat rumah Anda sangat indah.

Di dalam bunga asoka terdapat sebuah zat yang disebut dengan nektar di mana nektar ini mengundang banyak kupu-kupu untuk hinggap di kelopak bunga sehingga akan memberikan tampilan yang sangat unik pada bunga tersebut.

Manfaat bunga asoka

Ada beberapa manfaat dari bunga asoka untuk kesehatan tubuh manusia dikarenakan di dalam bunga tersebut terdapat beberapa zat seperti zat besi dan zat tanin yang mampu menangkal Racun yang masuk ke dalam tubuh manusia dan juga bisa menjadi beberapa obat dari penyakit yang biasa dialami oleh manusia.

Bunga Asoka IGhijau Putih
Bunga Asoka IGhijau Putih

Bunga asoka pun menjadi salah satu bunga herbal yang mempunyai segudang manfaat diantaranya adalah sebagai berikut:

Obat wasir

Salah satu manfaat yang bisa di digunakan oleh manusia dari bunga asoka ini yaitu untuk mengobati wasir dimana bunga ini menjadi alternatif dan pembuatannya sangat mudah.

Anda tinggal membersihkan bunga asoka lalu ditumbuk sampai halus, selanjutnya bunga tersebut direbus dengan segelas air dan apabila air sudah mendidih silakan angkat dan minum selagi masih hangat.

BACA JUGA:  5 Cara Merawat Tanaman Hias Anggrek Hitam Papua

Obat luka memar

Apabila anda mengalami luka memar Maka sangat direkomendasikan untuk mencoba menggunakan obat tradisional dengan bahan herbal yaitu dari bunga asoka.

Untuk membuatnya sendiri terbilang sangat mudah, anda tinggal mempersiapkan bunga asoka bersama daunnya lalu dicampur dengan bahan umbi daun dewa dan bunga mawar yang sudah kering, selanjutnya dicuci seluruh bahan tersebut sampai bersih Lalu direbus dengan menggunakan air sebanyak 600 cc dan nantinya air rebusan tersebut digunakan sebagai air untuk diminum 2 kali sehari setelah makan.

Obat kram di betis

Bagi Anda yang mempunyai penyakit kram di area betis dan sudah sangat mengganggu, maka anda pun bisa menggunakan bunga asoka dengan cara yang lumayan simple, anda tinggal merebus bunga asoka bersama daun sembung dan Kuntum bunga mawar yang masih segar dan seluruh bahan dibersihkan terlebih dahulu.

Setelah rebusan seluruh bahan di atas selesai maka silakan minum rebusan bahan tersebut tiga kali sehari setelah anda makan.

Cara merawat bunga asoka

Setelah anda mengetahui manfaat dari bunga asoka untuk kesehatan tubuh manusia Maka selanjutnya Anda tinggal merawat bunga ini supaya bagus dan baik dengan cara yang sangat mudah dan simple diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ketika bunga asoka awal tumbuh maka sangat dianjurkan melakukan penyiraman setiap pagi hari
  2. Ketika bunga ini sudah mulai tumbuh Maka selanjutnya diberikan pupuk pada media tanam
  3. Selalu membersihkan tanaman ini dari gulma yang biasa tumbuh disekitar tanaman dikarenakan menjadi hama yang kurang baik.
  4. Anda pun bisa melakukan penyiangan dan perampalan pada bagian batang tanaman yang sudah mulai mengering dikarenakan Hal ini dapat menghambat pertumbuhan bunga asoka.

Tags

Tanaman Cantik

Portal Berita dan Informasi mengenai seluruh tanaman cantik, bibit unggul, cara budidaya, dan harga terbaru tanaman hias di Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close