Perawatan TanamanTanaman Hias

Cara Merawat dan Manfaat Bunga Kenanga

TANAMANCANTIK.COM – Cara Merawat dan Manfaat Bunga Kenanga Salah satu pohon hias atau juga bunga hias yang mempunyai aroma menyengat akan tetapi harum adalah bunga kenanga dimana bunga ini menjadi salah satu bunga yang mempunyai identitas tersendiri seperti dari bau dan juga dari bunganya yang mempunyai warna bunga yang sangat indah dengan kombinasi putih kekuningan, sehingga menjadikan bunga kenanga menjadi salah satu bunga yang sangat difavoritkan oleh para pecinta bunga hias di Indonesia.

Bunga kenanga mempunyai nama latin cananga odorata di mana bunga ini sangat indah dipandang dan mempunyai aroma yang khas dengan keharuman tersendiri. Bunga ini pun termasuk dalam keluarga annonaceae yang mempunyai karakteristik bisa tumbuh dengan sangat cepat dan juga bisa hidup di beberapa wilayah, sehingga untuk perawatannya tidak begitu sulit.

Selain bunga kenanga dijadikan sebagai tanaman hias akan tetapi bunga ini pun mempunyai banyak sekali manfaat untuk manusia salah satunya bunga ini bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan parfum dan juga bunga ini pun menjadi salah icon yang biasa ditaburkan di atas pemakaman.

Cara merawat bunga kenanga

Sebelum anda merawat bunga kenanga maka alangkah baiknya anda mengetahui bagaimana cara menanam yang baik bunga tersebut, dimana sangat direkomendasikan untuk mendapatkan bunga kenanga yang bagus anda bisa mengambil buah kenanga yang ikut terambil ketika mematikan bunga, ataupun Anda bisa membeli bibit bunga kenanga yang banyak dijual di beberapa toko online di Indonesia.

Bunga ini mempunyai tumbuh dengan ketinggian mencapai 20 meter dengan perawatan yang tidak begitu sulit di mana anda harus lebih pintar di dalam memilih lokasi tanam di mana yang sangat direkomendasikan yaitu di daerah yang mempunyai ketinggian tidak lebih dari 500 meter dari permukaan laut.

Untuk cara merawat bunga kenanga ini, maka silakan mengikuti langkahnya dibawah ini.

  1. Pilihlah lokasi tanam yang memang sesuai dengan habitat bunga kenanga dan yang paling direkomendasikan ditanam di daerah yang mempunyai ketinggian tidak lebih dari 500 meter dari permukaan laut
  2. Pilihlah tanah yang mempunyai drainase yang bagus dan tidak mengandung lapisan Cadas
  3. Pilihlah bibit bunga kenanga terbaik supaya hasilnya maksimal salah satunya dengan memilih buah kenanga yang sudah tua dengan ciri mempunyai warna kulit yang menghitam.
  4. Apabila anda sudah mempunyai bibit bunga kenanga maka silakan masukkan seluruh biji tersebut ke dalam karung lalu Diamkan selama 5 hari
  5. Apabila kulitnya sudah melunak maka anda tinggal mengeluarkan beberapa bagian yang ada pada biji dengan cara memencetnya
  6. Silakan cuci biji bunga kenanga yang sudah anda keluarkan memakai air bersih Lalu keringkan dan diangin-anginkan selama sehari semalam
  7. Selanjutnya silakan Anda menyampaikan biji tersebut dan selanjutnya silakan Anda tanam dengan media tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1 lahan penyemaian.
  8. Silakan Anda siram benih bunga kenanga setiap hari sampai satu minggu dan biasanya akan mengeluarkan kecambah
  9. Setelah bunga berumur 6 bulan maka bibit akan tumbuh sampai 30 cm dan hal ini bibit sudah bisa anda pindahkan ke media tanam lain.
  10. Sangat dianjurkan untuk menanam bunga kenanga yaitu saat awal musim hujan
  11. Silakan Anda memilih area tanam yang terbaik untuk bunga kenanga dan silakan lubangi tanah dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm dan jaraknya 8 kali 8 meter supaya bisa mengantisipasi saat pohon Kenanga tumbuh membesar.
  12. Sebelum anda menanam bunga kenanga, maka silakan seluruh lubang yang akan dipakai untuk menanam bunga diisi terlebih dahulu dengan pupuk lalu baru dimasukkan bibit bunga kenanga.
BACA JUGA:  Cara Budidaya, Ciri dan Manfaat Tanaman Sri Rejeki

Manfaat bunga kenanga

Ada beberapa manfaat dari bunga kenanga yang jarang diketahui di antaranya adalah sebagai berikut.

Sebagai aroma terapi

Ternyata kandungan minyak atsiri yang berada pada bunga kenanga sukses bisa dijadikan sebagai aromaterapi untuk memberikan Efek pada kinerja kelenjar adrenalin yang berada pada sistem saraf sehingga nantinya aroma dari bunga kenanga ini bisa menimbulkan perasaan tenang bagi mereka yang mengalami stress dan depresi.

Bahan luluran

Bunga kenanga ini pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk kecantikan salah satunya adalah bahan untuk luluran dan bisa membuat kulit menjadi halus dan cantik berseri.

Mencegah bau badan

Manfaat bunga kenanga ternyata bisa dijadikan sebagai obat untuk mencegah bau badan di mana caranya sendiri terbilang sangat mudah, anda tinggal menyiapkan 15 gram bunga kenanga, 600 cc air, gula batu secukupnya.

Selanjutnya silakan rebus seluruh bahan diatas sampai mendidih dan nantinya tinggal menyesuaikan sebagian saja lalu silakan angkat dan minum air rebusan tersebut secara teratur setiap hari.

Mengobati batuk

Bunga kenanga pun bisa menjadi obat batuk dan juga obat flu gimana caranya sendiri Anda tinggal merebus sebanyak 15 gram bunga kenanga bersama air sampai mendidih, selanjutnya silahkan saring air rebusan tersebut dan silakan pisahkan dari ampas.

Selanjutnya silakan Anda minum air rebusan bunga kenanga secara teratur setiap hari sampai batuk dan pilek anda kembali sembuh.

Tags

Tanaman Cantik

Portal Berita dan Informasi mengenai seluruh tanaman cantik, bibit unggul, cara budidaya, dan harga terbaru tanaman hias di Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close