Bunga HiasPerawatan Tanaman

Cara Budidaya Tanaman Bunga Sedap Malam Dengan Prospek Bagus

TANAMANCANTIK.COM – Cara Budidaya Tanaman Bunga Sedap Malam Dengan Prospek Bagus Salah satu bunga yang mempunyai prospek bagus untuk dibudidayakan dan bisa menjadi penghasilan bagi anda semua yaitu bunga sedap malam. Bunga sedap malam adalah salah satu jenis bunga potong yang mempunyai manfaat bagi manusia termasuk salah satunya bisa dijadikan sebagai lahan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Maka untuk artikel kali ini, kami akan memberikan tips Bagaimana anda bisa menghasilkan prospek bagus untuk membudidayakan bunga tersebut.

Cara budidaya tanaman bunga sedap malam supaya berujung prospek yang sangat bagus dan menghasilkan uang memang tidak semudah apa yang dibayangkan, akan tetapi jika anda sudah melakukan sesuai dengan prosedur maka bunga sedap malam ini bisa menjadi salah satu jenis bunga potong yang bisa anda manfaatkan untuk berbisnis.

Bunga sedap malam biasanya digunakan sebagai bunga potong untuk menyusun karangan bunga atau buket bunga dan pastinya anda semua sudah tidak asing lagi dengan jenis bunga tersebut. Bunga yang mempunyai bentuk unik dan baunya yang sedap di Indonesia ini terbilang banyak sekali peminat bunga tersebut sehingga bisa anda lihat banyak para pedagang toko bunga yang menjajakan bunga sedap malam.

Momen yang banyak menggunakan bunga sedap malam biasanya Pada momen hari besar nasional atau hari keagamaan seperti Perkahan, Idul Fitri, hari Natal, tahun Baru Imlek, sampai biasa digunakan untuk upacara 17 Agustus sehingga bisa disimpulkan, untuk membudidayakan bunga sedap malam dipastikan mempunyai prospek yang sangat bagus.

Cara budidaya bunga sedap malam

Untuk anda semua yang saat ini merencanakan untuk melakukan budidaya bunga sedap malam, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan di antaranya adalah sebagai berikut.

Bunga Sedap Malam IGagenbungasedapmalam
Bunga Sedap Malam IGagenbungasedapmalam
  1. Bunga sedap malam biasa tumbuh di tanah yang mempunyai ketinggian lebih dari 50 meter diatas permukaan laut
  2. Pilihlah kondisi tanah yang nantinya akan dijadikan area budidaya bunga sedap malam yang mempunyai pH netral
  3. Untuk lahan yang akan dipakai haruslah diolah terlebih dahulu supaya terhindar dari gulma dan menjadikan tanah gembur
  4. Anda bisa membuat lahan tersebut dijadikan b dengan b dengan dengan lebar 1 m dan tinggi 30 cm dan untuk jaraknya sendiri 30 cm.
  5. bedengan yang anda buat haruslah mempunyai drainase air yang lancar
  6. Selanjutnya seminggu sebelum penanaman Silakan anda memberikan pupuk dasar yaitu pupuk kandang dengan dosis 20 ton per hektar dan urea 600 kg per hektar.
  7. Untuk masalah pupuk silakan Anda melakukannya dengan cara disebar lalu ditutup menggunakan tanah supaya tidak run off atau terbawa air
  8. Pemberian pupuk sangat dianjurkan 5 bulan setelah tanam
  9. Pilihlah bibit bunga sedap malam terbaik salah satunya hasil tanaman produksi yang sudah berumur lebih dari 2,5 tahun
  10. Anda bisa memilih bibit baik yang berasal dari umbi atau dari bunga sedap malam yang utuh namun masih tetap sehat dengan diameter 2 cm.
  11. Apabila Anda memilih bibit berasal dari umbi maka silakan keringkan terlebih dahulu selanjutnya diberi fungsida supaya menghindari jamur selama 2 minggu dan apabila umbi sudah terlihat terdapat tunas maka silakan langsung ditanam di B dengan yang sudah anda sediakan
BACA JUGA:  Harga Bunga Hias Krisan Fuschia Tumpuk Terbaru 2019

Cara melakukan panen dan pasca panen bunga sedap malam

Bunga sedap malam biasanya akan mengeluarkan bunga ketika mereka berusia 7 sampai 8 bulan setelah anda tanam, ketika akan dimanfaatkan sebagai bunga potong maka silakan Anda memanen setelah 1/2 Kuntum bunga terlihat mekar dan selanjutnya untuk panen yang akan datang bisa dilakukan setiap 3 sampai 7 hari sekali.

Harus anda ketahui, apabila setiap rumpun tanam dapat menghasilkan bunga sampai 5 tangkai bunga potong dengan masa produktif munculnya bunga tersebut ketika mencapai usia 2 tahun setelah tanam.

Setelah pasca panen bunga sedap malam untuk memperoleh kualitas terbaik dari bunga tersebut, maka silakan bunga sedap malam di bawa ke tempat yang teduh untuk proses sortasi pemisahan bunga berdasarkan kualitas dan untuk menjaga kesegaran bunga tersebut maka silakan Anda simpan di wadah berisi air dengan posisi berdiri supaya pangkal tangkai bunga terendam.

Tags

Tanaman Cantik

Portal Berita dan Informasi mengenai seluruh tanaman cantik, bibit unggul, cara budidaya, dan harga terbaru tanaman hias di Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close