Perawatan TanamanTanaman Hias

5 Tips Cara Merawat Kaktus di Dalam Rumah

TANAMANCANTIK.COM – 5 Tips Cara Merawat Kaktus di Dalam Rumah Salah satu tanaman hias yang biasa tumbuh diberbagai lokasi dan termasuk keluarga Cactaceae adalah pohon kaktus. Kaktus merupakan salah satu jenis tumbuhan hias yang mempunyai bunga dan biasanya kaktus ini bisa tumbuh dalam beberapa waktu tanpa harus disiram dan pohon kaktus ini bisa anda temukan di beberapa daerah yang kering dan menjadi salah satu tanaman hias yang saat ini masih banyak digemari oleh masyarakat di dunia termasuk di Indonesia.

Bagi anda semua yang ingin mencoba untuk merawat pohon kaktus di dalam rumah, maka ada 5 tips cara merawat kaktus di dalam rumah yang bisa anda lakukan, supaya pohon kaktus tersebut bisa tumbuh lebih baik dan pastinya akan memberikan nuansa berbeda di dalam rumah anda semua.

Untuk perawatan pohon kaktus yang ingin disimpan di dalam rumah memang tidak begitu susah dikarenakan pohon ini tidak harus disiram setiap hari karena menjadi salah satu tanaman hias yang bisa tahan tanpa air. Walaupun begitu, untuk perawatannya sendiri tidak boleh sembarangan apabila Anda ingin pohon kaktus bisa tumbuh dengan baik.

Cara merawat kaktus di dalam rumah

Ada beberapa tips yang harus anda lakukan supaya bisa menjadikan tanaman hias kaktus dapat tumbuh dengan baik di dalam rumah dan untuk tipsnya sendiri adalah sebagai berikut:

Merawat Kaktus IGcactus Word
Merawat Kaktus IGcactus Word

Pengaturan cahaya

Tidak bisa dipungkiri apabila pohon kaktus adalah salah satu pohon yang habitatnya bisa tumbuh di daerah kering dengan intensitas cahaya yang lebih tinggi selama 7 sampai 8 jam.

Sehingga bagi Anda yang ingin menempatkan pohon kaktus Mini di dalam ruangan maka dipastikan untuk masalah pengaturan cahaya yaitu pohon kaktus harus terkena cahaya sinar matahari langsung seperti anda menyimpannya di dekat jendela.

Melakukan penyiraman

Walaupun pohon kaktus menjadi salah satu pohon yang tidak harus membutuhkan air, akan tetapi anda bisa melakukan penyiraman secara rutin minimal seminggu sekali atau melakukan penyiraman ketika media tanam sudah mengering. Untuk menyiram tanaman hias kaktus Anda bisa menggunakan sprayer ataupun langsung mengotorkan air ke dalam pot pohon kaktus.

BACA JUGA:  Manfaat Tanaman Bunga Nusa Indah Untuk Kesehatan

Melakukan pemupukan

Selama minimal seminggu sekali Anda sangat dianjurkan melakukan pemupukan pada pohon kaktus di mana Anda bisa menggunakan pupuk kandang, pupuk kompos, atau NPK.

Melakukan Repotting

Selanjutnya tips yang bisa anda lakukan supaya pohon kaktus bisa tumbuh di dalam rumah yaitu melakukan repotting dan biasanya hal ini jarang dilakukan oleh para pecinta tanaman hias. Alasan kenapa Anda harus melakukan repotting yaitu supaya memperbarui unsur hara dan memberi ruang lebih besar supaya pohon kaktus bisa tumbuh dengan baik.

Pengendalian hama

Biasanya pohon kaktus akan diserang hama seperti tungau kutu putih sampaikan balaba. Maka sangat dianjurkan supaya pohon kaktus bisa tumbuh dengan baik anda semua melakukan pengendalian hama yaitu dengan menyikat kaktus menggunakan kuas atau memakai sikat halus yang bersih dan anda pun bisa menambahkan satu sendok diterjen atau Sabun Colek ke dalam 5 liter air lalu digosokkan pada permukaan pohon kaktus.

Itulah penjelasan kami tentang lima tips cara merawat kaktus di dalam rumah yang bisa anda lakukan, semoga artikel yang kami bahas pada hari ini bisa menjadi referensi untuk anda semua para pecinta kaktus di Indonesia.

Tags

Tanaman Cantik

Portal Berita dan Informasi mengenai seluruh tanaman cantik, bibit unggul, cara budidaya, dan harga terbaru tanaman hias di Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close