Tanaman Hias

Ciri dan Manfaat Tanaman Hias Legundi

TANAMANCANTIK.COM – Ciri dan Manfaat Tanaman Hias Legundi Salah satu tanaman hias berjenis tanaman yang banyak hidup di daerah tropis yaitu tanaman Legundi, dimana tanaman ini yang mempunyai nama ilmiah Vitex trifolia bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 1 sampai 4 meter. Tanaman ini pun menjadi salah satu tanaman hias yang bisa ditanam di pekarangan rumah dan mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan manusia.

Tanaman Legundi merupakan jenis tanaman yang biasa hidup di kawasan tropis dimana tanaman ini mempunyai karakteristik yang sangat berbeda dengan beberapa tanaman lainnya yang hidup di daerah tropis. Tanaman hias Legundi, mempunyai ciri khas yaitu bunga berwarna ungu yang sangat menawan dan bagi Anda yang ingin memelihara tanaman ini maka harus rajin untuk memangkas secara teratur dikarenakan tanaman ini bisa mempunyai ketinggian sampai 4 meter.

Kandungan Legundi

Banyak sekali zat yang sangat baik dari tanaman legundi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kesehatan, di mana Di dalam tanaman legundi terdapat beberapa zat diantaranya adalah sebagai berikut:

  • artemetin,
  • luteolin,
  • friedelin,
  • triterpenoid friedelin,
  • isoorientin,
  • viteksin,
  • casticin,
  • sitosterol,
  • glukosida,
  • trimetil quercetagetin,
  • glukuronid

Khasiat dan manfaat Legundi untuk kesehatan

Ada beberapa manfaat dari tanaman legundi yang sangat bagus untuk kesehatan manusia diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Daun Legundi ternyata bisa untuk mengobati cacingan pada anak, untuk caranya sendiri anda bisa mencuci bersih daun Legundi sebanyak 15 gram selanjutnya direbus sekitar 15 menit sampai mendidih Lalu Anda bisa meminum kan rebusan daun Legundi setelah dingin dan disaring ampasnya terlebih dahulu pada anak Anda yang mengalami cacingan.
  2. Daun Legundi bisa mengobati TBC, di mana caranya Anda tinggal mempersiapkan 1 genggam daun Legundi bersama 5 lembar daun waru lengis muda, selanjutnya satu sendok Bidara Upas muda yang sudah diparut terlebih dahulu, setengah genggam daun pegagan dan 1 sendok makan kencur yang telah diparut. Selanjutnya seluruh bahan diatas direbus dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas saja dan sebelum diminum silakan faring terlebih dahulu. Anda bisa meminum ramuan tersebut sebanyak 4 kali dan lakukan sampai rutin.
  3. Daun Legundi mengobati sakit tenggorokan dengan cara yang sangat mudah di mana untuk penderita radang dan sakit tenggorokan bisa disembuhkan dengan merebus daun Legundi di mana anda tinggal menyediakan 7 gram daun Legundi yang dicampur dengan air 1 liter lalu direbus dan silakan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur dan coba seminggu penuh secara rutin.
  4. Daun Legundi bisa mengobati sesak nafas dan muntah darah dan untuk caranya sendiri yaitu dengan merebus 9 lembar daun Legundi yang dicampur 3 lembar daun sembung dan 3 lembar daun seraung lalu direbus ke dalam 3 gelas air belimbing sampai hanya tersisa satu gelas lalu minuman ramuan tersebut dikonsumsi 2 kali sehari tiap pagi dan sore hari sampai sesak napas sembuh.
BACA JUGA:  Cara Merawat dan Manfaat Bunga Kenanga

Tags

Tanaman Cantik

Portal Berita dan Informasi mengenai seluruh tanaman cantik, bibit unggul, cara budidaya, dan harga terbaru tanaman hias di Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close