Bunga Hias

Mata Lelah Bisa Segar Kembali Dengan Bunga Rombusa

TANAMANCANTIK.COM – Mata Lelah Bisa Segar Kembali Dengan Bunga Rombusa Manfaat sekecil apapun dari tumbuhan bisa dirasakan oleh organ tubuh manusia. Baik itu berbentuk makanan yang sehari-hari disantap maupun manfaat yang dirasakan oleh serapan luar tubuh manusia seperti mata dan pori-pori kulit.

Artinya kehidupan manusia masih sangat bergantung pada tumbuhan, mulai sebagai bahan pangan, papan, sandang bahkan kesehatan tidak lepas dari yang namaya tumbuhan. Kalau kita dekat dengan alam atau tumbuhan, akan ada banyak manfaat tersembunyi dari yang namanya tumbuhan yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

Apalagi jaman sekarang kehidupan manusia hampir tidak lepas dari alat elektronik. Lalu apa hubungannya dengan tumbuhan? Diantaranya berupa sumber cahaya yang memancar  pada mata seperti tv, gadget, komputer.

Setiap aktivitas yang melibatkan alat-alat tersebut semua kerapkali menimbulkan masalah dengan penglihatan. Mata kita sering terasa lelah bahkan pedih apabila kelamaan memandang pada layar elektronik.

Oleh karena itu perlu sekali-sekali mata kita melihat pemandangan hijau di sekitar, karena efek psikologi yang ditimbulkan oleh warna hijau sangat mempengaruhi ketahanan mata kita dari kelelahan.

Tips cara untuk mengatasi kelelahan mata yaitu:

  1. Mengalihkan pandangan dari layar elektronik ke arah pandang lain artinya mata kita jangan terus menerus terfokus cahaya yang di timbulkan layar.
  2. Tanamlah bunga berdaun hijau di halaman rumah. Daun tanaman yang cukup bagus untuk menyegarkan mata, yang paling terkenal seperti bunga Rombusa
  3. Mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung Vitamin A seperti wortel dan rimbang

Ada yang menarik dari ketiga cara mengatasi kelelahan mata diatas yaitu bunga rombusa. Rombusa biasanya tumbuh subur dengan daun-daun kecil yang sangat lebat. Rombusa memiliki bunga mirip dengan bunga melati maka kebanyakan orang menyebutnya dengan sebutan bungan melati Jepang.

Bunga rombusa dapat tumbuh subur di dataran rendah maupun dataran tinggi, serta tahan dengan suhu tinggi.

BACA JUGA:  Ciri, Gambar dan Manfaat Bunga Alamanda

Bunga rombusa bisa tumbuh dengan cara di stek bagian rantingnya. Karena sifatnya yang tahan layu, maka jenis bunga ini sangat mudah untuk dikembangbiakkan.

Mari kita lanjut ke cara menanam bunga rombusa di lingkungan kita, serte nikmati keindahan dan kesegarannya

Cara menanam bunga rombusa:

  1. Potong bagian ranting pokok rombusa sekitar 20 senti meter
  2. Sediakan tanah dalam polibag atau pot bunga yang di isi dengan campuran pupuk kandang atau kompos.
  3. Ambil batang dan tancapkan ke tanah sedalam 5-7 senti meter
  4. Simpan di tempat yang teduh tetapi cukup cahaya matahari dan sirami media tanah dua kali sehari sampai tumbuh tunas.

Dalam waktu tiga bulan bunga rombusa sudah mulai berdaun lebat dan bisa dinikmati kenyamanannya. Selain rombusa masih banyak jenis tumbuhan lain yang memiliki warna hijau pekat dan bisa dijadikan alat terapi untuk kesehatan mata. Selamat mencoba.

Tags

Tanaman Cantik

Portal Berita dan Informasi mengenai seluruh tanaman cantik, bibit unggul, cara budidaya, dan harga terbaru tanaman hias di Indonesia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close